Breaking News:

Gadis Cantik Jepang Ajak Kirim Kartupos Tahun Baru Jepang ke Indonesia

Ayo silakan kirimkan kartupos tahun baru (Nengajo) mu mulai hari ini ya

Foto Asahi
Maiko Satoharu (20) dan Yoko Kanako (18) di kanan mulai mempromosikan pengeposan kartupos tahun baru di Kyoto mulai hari ini (15/12/2015). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pengeposan dimulainya pengiriman surat Natal dan Tahun Baru dan kartupos khusus akhir tahun (Nengajo) tidak bisa seenaknya di Jepang, ada hari khusus.

Hari ini secara resmi dimulai pengiriman pos tahun baru, khusus bagi yang mau mengirimkan kartupos tahun baru atau kartu ucapa selamat natal tahun baru 2016.

"Ayo silakan kirimkan kartupos tahun baru (Nengajo) mu mulai hari ini ya," papar Maiko Satoharu (20) dan Yoko Kanako (18) kepada pers di Kantorpos Pusat Kyoto daerah Shimogyo-ku.

Kanako yang senang dan ingin ke pulau Bali kalau ada waktu, kepada Tribunnews.com pagi ini mengajak juga mengirimkan kartupos tahun baru, "Ayo dong kirim kartupos tahun baru mu buat ke Indonesia juga," paparnya mengajak.

Saat ini masih fokus kepada pengiriman kartu Natal yang akan berakhir tepat tanggal 25 Desember nanti, lalu berlanjut pos khusus Tahun baru.

Demikianlah pemisahan yang biasa dilakukan pihak kantorpos Jepang, meskipun dalam praktek sulit dibedakan mana untuk tahun baru dan mana untuk kiriman mengucapkan selamat Natal.

Sekitar 3,2 miliar kartupos tahun baru Jepang selalu dikirimkan setiap tahun oleh masyarakat yang ada di Jepang.

Untuk daerah Kansai (Osaka dan sekitarnya sebanyak 500 juta lembar kartupos dikirimkan per tahun, menurun sekitar 2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pos Jepang juga kerjasama dengan aplikasi terkenal LINE bisa mengirimkan juga kartu ucapan selamat kepada seseorang tanpa tahu alamatnya, hanya lewat jalur LINE saja.

Pelayanan ini telah melayani sekitar 6 juta anggota masyarakat di masa lalu dan akan dilakukan pula tahun ini.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved