BNI Cabang Tokyo Kunjungi Warga Indonesia di Pelosok Selatan Jepang

Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tokyo mendatangi warga Indonesia yang tinggal jauh di pelosok selatan Jepang, khususnya di Perfektur Kumamoto.

BNI Cabang Tokyo Kunjungi Warga Indonesia di Pelosok Selatan Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Afien Yuni Yahya, General Manager Bank BNI Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tokyo merayakan usianya yang telah 70 tahun ini dengan mewujudkan kepedulian yang nyata dengan mendatangi warga Indonesia yang tinggal jauh di pelosok selatan Jepang, khususnya di Perfektur Kumamoto, Kyushu.

"Kegiatan kemasyarakatan ini ditujukan guna memperkenalkan keberadaan Bank BNI di Tokyo yang siap melayani kebutuhan perbankan dari masyarakat Indonesia yang berada di Kumamoto dan sekitarnya," kata Afien Yuni Yahya, General Manager Bank BNI Tokyo khusus kepada Tribunnews.com, Sabtu (13/2/2016).

Kegiatan yang diadakan akhir pekan ini oleh BNI Tokyo antara lain dengan pola edukasi perbankan.

"Kita ingin mengampanyekan tabungan dengan bunga yang menarik. Pada saat perbankan Jepang cenderung menurunkan suku bunga deposito, BNI Tokyo menawarkan kepada warga Indonesia di Kumamoto untuk membuka deposito dengan bunga yang menarik," kata Afien.

Menurutnya, hal ini bukan semata-mata untuk meningkatkan volume dana masyarakat saja, namun lebih jauh lagi
untuk menumbuhkan ikatan yang kuat antara masyarakat Indonesia dengan bank milik bangsanya.

"Dengan terciptanya ikatan ini, maka kekuatan operasional BNI Tokyo diharapkan lebih kokoh lagi, karena ditunjang oleh tabungan yang lestari dari masyarakat Indonesia di Jepang. Agar keberadaan BNI di Jepang memang dirasakan
manfaatnya, sehingga dicintai oleh masyarakat Indonesia," tambahnya.

Selain itu BNI juga berusaha menekankan bahwa berkirim uang lewat BNI Tokyo akan cepat dan aman.

"BNI menggagas kesadaran warga Indonesia di Kumamoto untuk bertransaksi lewat BNI, bank kebanggaan anak negeri. BNI dengan jaringan yang luas dan teknologi yang maju, memberikan layanan kiriman uang yang dapat dipercaya, cepat dan aman," kata Afien.

Hal lain yang disampaikannya berupa pengenalan wira usaha.

"Kami memang menyadari bahwa masyarakat Indonesia yang berada di Jepang khususnya para Tenaga Kerja Magang (Keshusei) hanya berlangsung selama kurang lebih tiga tahun. Maka perlu mempersiapkan diri sejak awal untuk memikirkan apa yang akan dikerjakan sepulang dari Jepang, bagaimana melakukan persiapan untuk membuka usaha kecil dan berhubungan dengan perbankan," jelasnya.

Selain itu BNI Tokyo juga mensponsori olahraga bersama para kenshusei (pemagang), masyarakat Indonesia di Jepang yang ada di Kumamoto.

"Kegiatan olahraga merupakan sarana saling asah, asih dan asuh serta memelihara tali silaturahmi di antara warga Indonesia yang sedang berada jauh di negeri orang," katanya.

Afien juga memperkenalkan General Manager baru Bank BNI Tokyo, Eko Setyo Nugroho yang akan segera menggantikan Afien.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved