Uzbekistan Gelar Upacara Pemakaman Presiden Islam Karimov

Uzbekistan akan melakukan upacara penguburan Presiden Islam Karimov (78), pada Sabtu (3/9/2016).

Uzbekistan Gelar Upacara Pemakaman Presiden Islam Karimov
The Guardian
Pemakaman Presiden Uzbekistan 

TRIBUNNEWS.COM, TASHKENT- Uzbekistan akan melakukan upacara penguburan Presiden Islam Karimov (78), pada Sabtu (3/9/2016).

Karimov meninggal dunia pada Jumat (2/9/2016) malam setelah ia menderita stroke akhir pekan lalu dan jatuh koma.

Pemakaman Pendiri bekas negara Uni Soviet itu akan diselenggarakan di kota Samarkand, Pusat Negera Uzbekistan, Sabtu (3/9/2016) pagi. Bahkan negara akan mulai tiga hari berkabung.

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev dijadwalkan akan hadir dalam pemakaman pemimin negara sahabatnya itu.

Juga akan hadir pemimpin-pemimpin negara dari bekas Republik Soviet termasuk Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon, Presiden Turkmen Gurbanguly Berdymukhamedov dan Perdana Menteri Kirgizstan, Belarus, dan Kazakhstan.

Karimov adalah salah satu dari segelintir orang kuat Soviet yang berpaut kepada kekuasaan setelah tanah air mereka memperoleh kemerdekaan dari Moskow pada tahun 1991.

Kematian Karimov ini juga mendorong negara ini masuk pada "fase ketidakpastian", Ketua Majelis rendah Rusia parlemen Komite Urusan internasional, Alexei Pushkov, mengatakannya pada Jumat malam.

Sejumlah pemimpin negara juga menyampaikan belasungkawanya. Diantaranya, Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim, mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Presiden Uzbekistan Islam Karimov.

Pun Presiden Georgia, Giorgi Margvelashvili, juga menyatakan belasungkawa dalam sebuah pernyataan di situs presiden.

"Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya dari saya pribadi dan atas nama orang-orang Georgia untuk keluarga presiden dan orang-orang Uzbek," ucapnya, Sabtu (3/9/2016).

Begitu juga seorang pejabat Afghanistan yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan Presiden Ashraf Ghani direncanakan untuk menghadiri pemakaman Karimov pada hari Sabtu.

Sedangkan seorang diplomat Kyrguztan mengatakan perdana menteri negara itu juga telah diundang ke pemakaman.

Sebuah kantor berita Kazakhstan, Kazakhstan Today, menurunkan laporan Perdana Menteri Kazakhstan Karim Masimov sedang mempersiapkan untuk kunjungan ke Samarkand pada hari Sabtu.

Presiden Uzbekistan Islam Karimov meninggal dunia hari ini dalam usia 78 tahun. Rencananya, ia akan dimakamkan di Samarkand, kota bersejarah di mana dia dilahirkan. 

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved