Soal Pencabutan Sanksi Amerika, Dubes Rusia: Terserah Mereka Saja

Soal pencabutan sanksi Amerika Serikat terhadap Rusia, pihak Kremlin mengaku hal tersebut bukan urusannya.

Tribunnews.com/ Ruth Vania
Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, Selasa (31/1/2017), di kediamannya di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Soal pencabutan sanksi Amerika Serikat terhadap Rusia, pihak Kremlin mengaku hal tersebut bukan urusannya.

Hal itu disampaikan Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, Selasa (31/1/2017), di kediamannya di Jakarta.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan topik sanksi Amerika Serikat tak dibahas dalam percakapan telepon Presiden Donald Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, 28 Januari 2017.

Komite Hubungan Luar Negeri Senat Amerika Serikat Ben Cardin telah mengatakan bahwa Trump kemungkinan besar akan mencabut sanksi ekonomi terhadap Rusia itu.

Namun, Mikhail Galuzin mengatakan sesungguhnya Rusia menyerahkan saja keputusan pencabutan itu pada pihak Barat dan tak mau berurusan soal itu.

"Soal sanksi AS terhadap Rusia, itu bukan urusan kami," ujar Mikhail Galuzin.

"Sanksi itu dibuat oleh pihak Barat, terserah mereka saja apakah mau dicabut atau dipertahankan," ucapnya lagi.

Menurutnya, Rusia tetap menganggap bahwa penjatuhan sanksi tersebut tidak sah dan selama ini merusak hubungan antara keduanya.

Ben Cardin mengatakan meski dirinya mendapat informasi Trump akan mencabut sanksi, wacana soal itu hingga kini belum sampai ke pihak Senat Amerika Serikat.

Sehingga, dipastikan Trump belum akan mencabut sanksi yang dikenakan terhadap Rusia sejak 2014 karena terlibat konflik Ukraina itu. (Sputnik International)

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved