Kain Tanimbar Sukses di Jepang, Kadin akan Promosikan Daerah Indonesia Lainnya

Reza V Maspaitella senang promosi kain Tanimbar Maluku Tenggara bagian barat sukses dilakukan di Jepang.

Kain Tanimbar Sukses di Jepang, Kadin akan Promosikan Daerah Indonesia Lainnya
Koresponden Tribunnews/Richard Susilo
Reza V Maspaitella, President & CEO PT Valdo Investama, Ketua Kadin Kompartemen Investasi Dalam Negeri 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ketua Kadin Kompartemen Investasi Dalam Negeri, Reza V Maspaitella, yang juga President & CEO PT Valdo Investama, merasa senang promosi kain Tanimbar Maluku Tenggara bagian barat sukses dilakukan di Jepang sejak Minggu lalu hingga tadi malam, Kamis (6/4/2017).

"Saya puas senang sekali kita sukses di Jepang. Banyak sekali tanggapan positif dari masyarakat Jepang mengenai kain Tanimbar ini. Meskipun baru pertama kali mereka lihat tapi sudah sangat responsif sekali perhatian mereka," kata Reza kepada Tribunnews.com, Kamis (6/4/2017).

Kadin menurutnya berusaha untuk mempromosikan semua budaya dan kota daerah yang ada di Indonesia.

"Tugas kita bagaimana supaya bisa promosikan investasi dan bantu provinsi serta kota dengan keunikan masing-masing daerah yang ada di tiap tempat bisa kita bantu promosikan di luar negeri, saat ini di Jepang," kata Reza.

Khususnya bagian timur di mana Maluku punya ciri khas yang sangat menarik, menurutnya, sangat potensial untuk dikembangkan pemasarannya ke luar negeri khususnya ke Jepang.

"Besok Sabtu saya pulang ke Indonesia dan melihat hal yang sangat positif ini di Jepang mungkin akan kita pikirkan membawa daerah lain pula ke Jepang," kata dia.

Saat berkunjung ke Osaka, Reza melihat banyak komunitas Jepang sangat tertarik kepada kain Tanimbar.

"Saya bertemu sendiri dengan banyak komunitas Jepang dan ternyata mereka masih banyak yang belum mengenal Indonesia bagian timur terutama Maluku Tanumbar ini," ujarnya.

Baca: Wignyo Rahadi Sukses Tampilkan Peragaan Busana Perpaduan Tanimbar Indonesia Timur dan Jepang

Begitu mereka melihat kerajinan masyarakat tenun Tanimbar tersebut, responnya sangat positif.

Kadin beserta kalangan lokal dan kementerian perdagangan serta kementerian kreatif berusaha selalu mengembangkan produk daerah dan desa Indonesia ke berbagai jurusan.

"Bahkan kini kita promosikan lewat digital yang namanya platform Indonesia Akses, berusaha mengkoneksikan potensi desa dengan tradisional modern serta berusaha mengekspornya," katanya.

Kadin sangat mendukung upaya ekspor produksi dalam negeri, produk kalangan tradisional Indonesia seperti kain Tanimbar ini ke berbagai negara terutama ke Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved