Sekjen Kemensos Puji Kepedulian Pemerintah Jepang Perlakukan Lansia

Jepang memiliki sistem yang profesional dalam banyak hal seperti budaya, teknologi, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Sekjen Kemensos Puji Kepedulian Pemerintah Jepang Perlakukan Lansia
Koresponden Tribunnews/Richard Susilo
DR Harry Z. Soeratin SE,Ak, MM.Acc, PhD (Candidate), CA, IPC, Sekjen Kemensos Indonesia menerima hadiah dari Lansia Jepang (usia hampir 100 tahun). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kepedulian dan perlakuan pemerintah Jepang terhadap lansia (lanjut usia) di Jepang mendapat pujian dari DR Harry Z. Soeratin SE,Ak, MM.Acc, PhD (Candidate), CA, IPC, Sekjen Kemensos Indonesia yang mendapat undangan ke Jepang dari FWEAP (Foundation for the Welfare and Education of the Asian People).

Hal ini juga disampaikan saat memberikan kata sambutan di Nara Hall, Senin (10/4/2017) di hadapan banyak pejabat Jepang.

"Dalam kunjungan selama 4 hari, banyak sekali pengalaman tentang Jepang terutama perlakuan yang sangat baik pemerintah Jepang terhadap para lansia," kata Harry.

Jepang, menurutnya, memiliki sistem yang profesional dalam banyak hal seperti budaya, teknologi, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial baik di Tokyo, Tsukuba dan Nara.

"Kita telah melihat bagaimana Pemerintah Jepang peduli dan memperlakukan orang tua, orang cacat dengan hormat dan menjaga dengan baik kehormatan mereka. Hak mereka sama satu sama lain demikian juga terhadap anak mudanya yang normal dan aktif serta produktif," kata dia.

"Kita mendapat banyak kesempatan untuk belajar tentang budaya tradisional Jepang dan sistem kesejahteraan sosial di pemerintah daerah," tambahnya.

Baca: Sekjen Kemensos Terkesan Sistem Kesejahteraan Sosial Jepang, Nenek Usia 103 Tahun Masih Sehat

"Kita tahu bahwa jika kita mampu bekerja dalam hal-hal kecil maka akan lebih sukses dalam hal-hal yang besar pula, dan ini sangat baik dalam pembentukan negara yang baik pula," ujar dia.

Selain itu Harry juga menyatakan terima kasih atas persahabatan dan saling pengertian bersama yang telah diperoleh rombongannya, terutama kepada Okuno Fujiwara, Ketua kehormatan dan Presiden FWEAP.

"Berharap persahabatan dan kerja sama ini dapat berkesinambungan dengan lebih baik di masa depan," lanjutnya.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved