Megawati Yakin Dua Korea akan Bersatu

Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Sukarnoputri menjadi tamu khusus saat berada di Pulau Suju, Korea Selatan

Megawati Yakin Dua Korea akan Bersatu
ISTIMEWA
Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri bersama Gubernur Jeju, Won Hee-ryong. 

 TRIBUNNEWS.COM, KOREA-Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Sukarnoputri menjadi tamu khusus saat berada di Pulau Suju, Korea Selatan.

Selain dinobatkan sebagai warga kehormatan, nama putri tertua proklamator Republik Indonesia ini pun dijadikan nama taman "Megawati Sukarnoputri Garden".

 Keistimewaan semakin lengkap saat Gubernur Jeju, Won Hee-ryong bersama Ketua DPRD kepulauan berstatus otonomi khusus ini menjamu Ketua Umum PDI Perjuangan makan malam bersama.

 "Selamat datang ke pulau perdamaian dunia kepada Ibu Megawati dan rombongan. Rakyat Jeju sangat menyayangi ibu" ujar gubernur yang memimpin lebih dari 600 ribu penduduk ini.

 Sebelum Megawati menjabat sebagai presiden Indonesia tahun 2001 lalu, hubungan Jeju dengan Mega sudah terjalin baik.

"Pengalaman ini akan lebih bermanfaat jika Ibu Mega yang sudah sangat akrab dengan Seoul dan Pyongyang bisa mengambil peran dalam reunifikasi Korea" ungkap Won dalam kata sambutannya.

Mega yang didaulat menyampaikan sambutan penutup, menyambut positif ajakan Gubernur Won.

"Saya senang di Jeju, bukan saja karena ini adalah pulau perdamaian tetapi karena sambutan yang selalu hangat. Saya selalu diperlakukan istimewa" ungkap Mega.

Keinginan Gubernur Won agar Megawati aktif dalam reunifikasi dua Korea menguatkan permintaan Presiden Moon Jae-in agar Ketua Umum partai pemenang pemilu 2014 ini, kembali menjadi utusan khusus (special envoy),mempersatukan Utara dan Selatan.

 "Saya sampaikan kepada beliau (Presiden Moon-red) agar saya diberi waktu menghubungi pihak Korea Utara. Dan saya berpikir, pertemuan itu dilakukan di Pulau Jeju" ujar Mega.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved