Di Perfektur Kumamoto Jepang Arung Jeram Dilakukan di Saluran Irigasi

Di musim panas seperti ini kegiatan arung jeram di sebuah aliran irigasi di Kota Kikuchi Perfektur Kumamoto kini sedang tren di Jepang.

Di Perfektur Kumamoto Jepang Arung Jeram Dilakukan di Saluran Irigasi
Koresponden Tribunnews/Richard Susilo
Kegiatan arung jeram di Perfektur Kumamoto Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Saat ini wilayah Jepang sedang dilanda musim panas dengan suhu bisa mencapai 35 derajat celcius.

Di musim panas seperti ini kegiatan arung jeram di sebuah aliran irigasi di Kota Kikuchi Perfektur Kumamoto kini sedang tren di Jepang.

"Kegiatan ini dilakukan sekitar 4 tahun lalu tetapi saat ini semakin populer dan umumnya diikuti kalangan anak-anak karena saluran irigasi persawahan yang menjorok ke bawah melewati sebuah tunnel (lorong) yang agak sempit. Kalau orang dewasa takutnya kepala tersandung. Namun tetap saja ada orang dewasa yang berpartisipasi," kata Nakayama, seorang pengawas kegiatan tersebut belum lama ini kepada Tribunnews.com.

Kalau di Indonesia kegiatan arung jeram biasanya dilakukan di sungai, maka di Jepang kegiatan ini dilakukan di saluran irigasi yang dipakai untuk mengairi sawah.

Baca: Ahli Militer Jepang: Korut Ingin Buktikan Sasaran Rudalnya untuk Amerika Serikat

Jadi lebarnya memang tidak besar, pas untuk satu kayak yang dipakai arung jeram.

Kegiatan dilakukan mulai Juli hingga September mendatang di ujung musim panas Jepang dengan biaya per orang 2.000 yen atau sekitar Rp 240.000 bagi pelajar SMP dan separuh harga bagi pelajar SD.

Untuk kelompok minimal bayar Rp 1,8 juta per grup.

Kegiatan ini biasa disebut Ideventure dan karena di saluran irigasi di pinggir jalan raya, masyarakat umum bisa menyaksikan dari tepi jalan setiap kegiatan itu dilaksanakan.

Jauhnya sekitar 4 km dengan lama sekitar 1 jam 15 menit.

Ada pula yang jarak pendek 700 meter dengan lama 10 menit biaya 500 yen per orang tetapi hanya bisa untuk kelompok saja.

Cara menuju ke sana, dari Stasiun JR Kumamoto naik Kumamoto Dentetsu bus turun di Kikuchi Plaza. Namun jika dari JR Higo-Ozu Station naik JR Bus, turun di Kikuchi Onsen.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved