Truk Logistik Komersial Jepang Tanpa Sopir Boleh Beroperasi di Jalanan Tol

Sekitar 25 orang termasuk para profesor yang spesialis di bidang kendaraan bermotor dan kebijakan transportasi rapat

Truk Logistik Komersial Jepang Tanpa Sopir Boleh Beroperasi di Jalanan Tol
Richard Susilo
Uji coba empat truk berturut-turut berjalan otomatis di tol Jepang, tanpa pengendara (sopir) diawasi truk terbelakang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Truk logistik komersial Jepang yang otomatis (tanpa sopir) mulai 3 tahun mendatang direncanakan sudah dapat beroperasi di jalanan tol umum di Jepang.

"Kemarin seharian komisi khusus Badan Kepolisian Nasional Jepang bersama para ahli kendaraan melakukan rapat untuk membahas truk logistik komersial yang tanpa sopir memungkinkan memasuki jalan raya tol Jepang mulai 3 tahun mendatang," papar sumber tribunnews.com Rabu ini (2/8/2017).

Sekitar 25 orang termasuk para profesor yang spesialis di bidang kendaraan bermotor dan kebijakan transportasi rapat membahas hal tersebut kemarin.

"Hal ini seklaigus untuk memecahkan masalah industri logistik saat ini terutama terkait truk dan pengendaranya."

Kesepakatan rapat kemarin akhirnya memperkenankan truk tanpa sopir itu tiga tahun mendatang beroperasi di jalan Tol Tomei namun dengan satu truk pengawas (pakai sopir) selalu mengiringi truk tanpa pengendara itu di bagian terbelakang.

"Apabila hal ini dimungkinkan nantinya berarti hanya satu pengendara saja bisa membawa banyak sekali barang lewat darat, dimasukkan ke beberapa truk tanpa sopir. Sekaligus untuk menghindari terjadinya kecelakaan jalan raya," tambahnya.

Truk tersebut dilengkapi sensor yang snagat canggih sehingga otomatis akan memperlambat jalan dan menghentikan kendaraan apabila ada hambatan atau bahaya di depan dan sampingnya karena dilengkapi sensor canggih.

Olegkarena itu dalam keadaan macet sekali pun truk bisa beriringan dengan baik karena secara otomatis bisa menjaga jarak sendiri terhadap kendaraan di depan dan di sampingnya.

Polisi masih terus akan melakukan penelitian dan pengujian lebih lanjut dalam tiga tahun mendatang ini sehingga dapat benar-benar mendapatkan kepastian keselamatan berkendaraan truk tanpa sopir tersebut.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved