Toyota dan Mazda ''Kawin'' Investasi di Amerika Serikat 1,6 Miliar Dolar AS

Toyota akan mengambil 5,05 persen saham di Mazda seharga 50 miliar yen sementara Mazda akan mengambil 0,05 persen saham Toyota.

Toyota dan Mazda ''Kawin'' Investasi di Amerika Serikat 1,6 Miliar Dolar AS
Richard Susilo
CEO Toyota Motor Corporation Akio Toyoda dan CEO Mazda Motor Corporation Masamichi Kogai malam ini (4/8/2017) kerjasama erat strategikan investasi bersama khususnya di AS. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mempercepat produksi gabungan di Amerika Serikat (AS) dan mengembangkan kendaraan listrik di dunia yang beralih dari bahan bakar fosil, Toyota Motor Corp. dan Mazda Motor Corp. membentuk aliansi modal. Presiden AS Donald Trump pun senang.

"Toyota dan Mazda bangun pabrik baru 1,6 miliar dolar AS di AS dan ciptakan 4000 tenaga kerja Amerika. Investasi luar biasa bagus di manufaktur Amerika," papar Trump dalam tweet nya malam ini (4/8/2017) jam 19 waktu Jepang .

Langkah oleh produsen mobil terbesar di negara itu dipandang sebagai upaya menghadapi persaingan global yang semakin ketat untuk membangun mobil yang memenuhi emisi dan standar lingkungan yang lebih tinggi dengan biaya yang semakin meningkat.

"Dengan mempertimbangkan industri masa depan, selain memanfaatkan kekuatan masing-masing untuk lebih meningkatkan teknologi dan memperkuat fondasi bisnis mereka, Toyota dan Mazda bertujuan untuk memperdalam kolaborasi dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan melalui kemitraan mereka, bangkit untuk menghadapi dan mengatasi tantangan yang mendesak ini," ungkap CEO Toyota, Akio Toyoda malam ini.

Kedua perusahaan akan bekerja sama di pasar AS untuk meluncurkan usaha patungan, yang bertujuan untuk membangun pabrik besar pada tahun 2021 yang dapat menghasilkan hingga 300.000 kendaraan sport Mazda dan model Corolla Toyota per tahun.

"Daripada saling bertentangan satu sama lain, terpenting kita mencari mitra yang dapat bersaing dan berkolaborasi dari sudut pandang yang luas," tambah Toyoda .

Toyota akan mengambil 5,05 persen saham di Mazda seharga 50 miliar yen sementara Mazda akan mengambil 0,05 persen saham Toyota.

Beberapa ahli melihat kemitraan tersebut sebagai kemenangan bagi kedua perusahaan tersebut.

"Bagi Mazda, sebuah tie-up dengan Toyota akan memberikan akses ke teknologi perusahaan yang lebih besar, terutama untuk kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik, hibrida dan yang menggunakan sel bahan bakar," kata Takaaki Sugiura, peneliti utama di Mitsubishi Research Institute.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved