Dokter Enomoto Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga Asing di Shizuoka Jepang

Sensei (dokter) Nobuo Enomoto yang memiliki klinik sendiri di Shizuoka Jepang akan memberikan pelayanan pemeriksaan gratis di Shizuoka.

Dokter Enomoto Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga Asing di Shizuoka Jepang
Shizuoka Shimbun
Dokter (sensei) Nobuo Enomoto (tengah) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sensei (dokter) Nobuo Enomoto yang memiliki klinik sendiri di Shizuoka Jepang akan memberikan pelayanan pemeriksaan gratis di Shizuoka tanggal 19 dan 20 November 2017.

"Kita berikan pelayanan sejak 20 tahun setiap tahun sekali agar semua orang, termasuk orang asing, tak peduli ada kartu asuransi atau tidak, bisa terlayani dengan baik kesehatannya di Jepang," kata Dokter Enomoto Nobuo khusus kepada Tribunnews.com, Selasa (22/8/2017).

Tahun lalu sebanyak 12 orang Indonesia diperiksa dokter Enomoto Nobuo, 15 warga China, 16 warga Filipina, 10 warga Brazil dan sebagainya, terkumpul sekitar 1.000 warga asing mendapat pelayanan gratis kesehatan.

Pelayanan gratis kesehatan bukan hanya periksa darah tetapi bisa juga bagian gigi dan sebagainya.

"Kita ingin semua dilakukan tanpa diskriminasi apa pun, meskipun mungkin agak sulit berkomunikasi karena tidak sedikit yang tidak bisa bahasa Jepang. Tapi untunglah ada yang bisa bahasa Jepang mendampingi sehingga terbantu," kata dia.

Dokter Enomoto juga berharap semakin banyak yang datang untuk periksa kesehatan gratis, paling tidak 200 orang diharapkan hadir.

"Semua hal dilakukan gratis dibantu para volunteer. Kalau banyak pasien datang tentu dibutuhkan lebih banyak lagi tenaga sukarela," tambahnya.

Pelayanan ini dimulai karena dokter di masa lalu sempat mengetahui adanya seorang wanita Filipina meninggal akibat kelaparan karena sakit tak terbantu kesehatannya karena kesulitan berobat.

Melihat hal tersebut kelompok kalangan Filipina menyelenggarakan pelayanan gratis dan dibantu para dokter yang dipimpin dokter Enomoto hingga kini.

Karena gratis, perunjukan mencari dana untuk kegiatan tersebut berupa pertunjukan band dan sebagainya dilakukan 27 Agustus mendatang di Gereja Shizuoka Eiwadi daerah Aoi Shizuoka.

Dana terkumpul akan diserahkan kepada Shizuoka Kaikyo Association General Hospital (Suruga-ku) untuk pelayanan kesehatan gratis tanggal 19 November jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

Bagi yang ingin membantu mengumpulkan dana untuk pelayanan kesehatan gratis dengan menonton band 27 Agustus bisa konfirmasik ke nomor telepon 054(209)5682. Tiket seharga 1.200 yen dan 600 yen bagi pelajar SMA dan SMP. Pelajar SD atau yang lebih kecil gratis.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved