Peluang Investasi Industri Perikanan Jepang ke Indonesia Luar Biasa Besar

Status Indonesia saat ini paling sehat dibandingkan wilayah perairan manapun di Asia saat ini

Peluang Investasi Industri Perikanan Jepang ke Indonesia Luar Biasa Besar
Richard Susilo
Nilanto Perbowo, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Indonesia saat ini memiliki status wilayah perairan yang paling sehat dibandingkan berbagai wilayah perairan lainnya di Asia.

Oleh karena itulah potensi bisnis dan industri perikanan Indonesia juga snagat besar dan menantang bagi pengusaha Jepang.

“Status Indonesia saat ini paling sehat dibandingkan wilayah perairan manapun di Asia saat ini,” ungkap Nilanto Perbowo, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan khusus kepada Tribunnews.com sore ini (23/8/2017).

Oleh karena itu peluang usaha dan bisnis serta investasi pengusaha dan industri Jepang ke Indonesia juga menjadi luar biasa besar sebenarnya, tekannya lagi.

“Meskipun demikian dari segi Co-chain system di Indonesia tampaknya masih tertinggal dibandingkan China. Namun Indonesia dengan jumlah nelayan yang sangat luas dan banyak nelayan tersebar di pelosok, menjadi kesempatan emas investasi Jepang untuk bergerak mulai dari penguatan co chain system sampai ke produk jadi nantinya.”

Misalnya penggunaan es pembeku di dalam Cold Storage (CS) dengan berbagai energy baik listrik hybrid, solar cell dan lainnya dapat tersebar di Indonesia.

“Dengan ukuran mislanya 50-100 ton mudah dapat ikan dapat lebih banyak ukuran lebih besar. Apabila ada system tempat penyimpanan CS yang lebih baik, dan ini memang diijinkan pemerintah, dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain kan bisa dikumpulkan, lalu dengan container bisa dikirimkan ke pelabuhan tujuan.”

Bangun CS di berbagai pantai Indonesia Timur juga bagus daripada barat dan tengah karena di timur masih lebih sedikit. Lalu dikumpulkan jadi satu container kirim ke pelabuhan berikut, ini bisnis yang bagus, tambahnya.

“Kita sekarang harapkan investor datang ke Indonesia di samping produksi ikan ekspor utuh juga yang sudah diproses. Ikan proses identik pembekuan. Sementara beberapa daerah perlu teknologi pasca panen mudah dilaksakan. Nah Jepang punya teknologi dan metodologimnya. Kesempatan bagus untuk tangkap menjadi peluang yang lebih baik.”

Investasi baru untuk Indonesia, menurutnya di daerah timur lebih baik karena pemerintah mendorong pembanguna dari wilayah luar, baru masuk ke dalam. Mendorong agar tidak terkonsentrasi di Jawa.

“Sementara stok ikan yang baik di Jawa Riau Kalteng Kalsel, mereka para nelayan kini bahagia karena dapat ikan yang baik dalam waktu pendek singkat daripada masa lalu. Sedangkan yang di Timur lebih bagus karena sifat oceanografis berbeda. Karakter timur lautnya jauh lebih dalam, kekayaan nutrisi plankton yang kaya membuat ikan subur baik, juga dikenal laut banda jalur sebagai migrasi pasifik hindia dan sebaliknya, sehingga ikan-ikan kita di timur sangat baik,” paparnya lebih lanjut.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved