Inilah J-Alert Jepang yang Dipublikasikan Saat Rudal Korut Meluncur Melewati Jepang Pagi Ini

J-Alert atau sistim otomatis peringatan nasional Jepang secara darurat muncul pada berbagai alat komunikasi

Inilah J-Alert Jepang yang Dipublikasikan Saat Rudal Korut Meluncur Melewati Jepang Pagi Ini
Richard Susilo
Pengumuman J-Alert yang dipublikasikan lewat situs pemerintah adanya rudal Korut meluncur di atas Jepang dan hati-hati pada benda yang dianggap asing 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Setelah rudal Korea Utara (Korut) melewati Hokkaido Jepang jam 6:06 waktu Jepang pagi ini, barulah jam 6:14 waktu Jepang muncul J-Alert di berbagai situs pemda Jepang terutama yang berada di utara Jepang mulai daerah Tohoku.

"J-Alert atau sistim otomatis peringatan nasional Jepang secara darurat muncul pada berbagai alat komunikasi pemerintah Jepang termasuk situs pemerintah dan daerah di Jepang menginformasikan adanya rudal melewati daerah yang bersangkutan di Jepang, setelah terdeteksi satelit," ungkap sumber Tribunnews.com Selasa ini (29/8/2017).

Apa yang tertulis di sana adalah bahwa rudal telah melewat dataran Jepang dan apabila ada dan atau melihat benda mencurigakan di sekitar anda, jangan pernah mendekat dan segera memberitakan polisi atau petugas pemerintah terdekat terutama pihak pemadam kebakaran secepatnya.

Area yang yang menjadi target J-Alert karena rudal terdeteksi di utara Jepang maka pengiriman info tersbeut antara lain ke Hokkaido, Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Niigata dan perfektu Nagano.

Tidak ada pengumuman mengenai rincian jalur rudal tersebut saat ini. Misalnya melewati daerah mana dan sebagainya.

Rudal ICBM (Peluru Kendali Balistik Antarbenua) dengan nama Hwasong 12 (atau Mars-12) diluncurkan dari daerah dekat Pyongyang pada jam 5:58 waktu Jepang dan memasuki Hokkaido jam 6:06 waktu Jepang.

Rudal ini yang kelima kali melintasi daratan Jepang dalam sejarah peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara selama ini.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved