Serangan Bom di Mesir

Serangan Masjid Sinai Diduga Targetkan Muslim Sufi

Selama ini juga serangan-serangan yang terjadi di Mesir kebanyakan menargetkan umat minoritas Kristen Koptik

TRIBUNNEWS.COM, KAIRO - Serangan mematikan yang menyasar sebuah masjid di Mesir, Jumat (24/11/2017), diduga memang untuk menyerang muslim Sufi (kelompok muslim yang mendalami ilmu sufisme/tasawuf).

Sekelompok militan bersenjata melakukan aksi penembakan dan pemboman di Masjid Al-Rawdah, Kota El-Arish, Sinai Utara, Mesir.

Serangan dilakukan saat jam salat Jumat, yang menyasar jemaah yang memadati masjid kecil tersebut untuk beribadah.

Kantor jaksa umum setempat, Nabil Sadiq, mengatakan bahwa sudah ada 235 orang yang tewas akibat insiden itu, sedangkan 109 orang lainnya mengalami cedera.

Menurut sejumlah media Arab dan informasi dari narasumber setempat, masjid tersebut memang kerap dijadikan tempat beribadah bagi muslim aliran Sufi.

Baca: Perbatasan Mesir-Jalur Gaza Ditutup Pascaserangan di Masjid Sinai

Seorang profesor di Universitas Nile, Kairo, Timothy Kaldas, menilai serangan tersebut identik dengan ISIS, kelompok militan yang cukup gencar melakukan serangan di Mesir.

Hingga saat ini memang belum ada kelompok yang mengklaim serangan itu, namun sejak 2013, pasukan militer Mesir terus berjibaku dengan militan-militan yang berafiliasi dengan kelompok ISIS.

Selama ini juga serangan-serangan yang terjadi di Mesir kebanyakan menargetkan umat minoritas Kristen Koptik, ketimbang umat Islam dan masjid, sehingga serangan pada Jumat itu dianggap sangat mengejutkan.

"Bisa jadi ini merupakan bentuk serangan (ISIS) untuk menghabisi muslim Sufi di Sinai Utara," komentar Kaldas.

Halaman
12
Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved