Putin: Militer Rusia Akan Tetap di Suriah Namun Bukan untuk Jangka Panjang

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya tidak memiliki rencana untuk menarik pasukan militernya keluar dari Suriah.

Maxim Shipenkov/Pool/AP
Vladimir Putin 

TRIBUNNEWS.COM, MOSCOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya tidak memiliki rencana untuk menarik pasukan militernya keluar dari Suriah.

Kendati demikian, ia juga menyatakan bahwa Rusia tidak akan membangun fasilitas permanen di negara yang dipimpin oleh Bashar al-Assad itu.

"Pasukan akan tinggal di sana selama itu menguntungkan Rusia, dan untuk mematuhi tanggung jawab internasional kami," kata Putin dalam acara televisi tahunannya pada Kamis kemarin.

Namun ia kemudian menambahkan, "kami tidak membangun instalasi jangka panjang di sana dan jika perlu kami akan tarik pasukan dalam waktu dekat tanpa menimbulkan kerugian material,".

Baca: AS dan Turki Sepakati Rencana Tarik Pejuang Kurdi dari Kota Suriah

Dilansir dari laman Al Jazeera, Jumat (8/6/2018), Putin menyebut perang Suriah sebagai pengalaman yang unik bagi pasukan Rusia.

"Pertama, penggunaan pasukan bersenjata kami di medan perang adalah alat unik yang digunakan untuk meningkatkan keahlian pasukan bersenjata kami, tidak ada latihan militer yang bisa dibandingkan dengan penggunaan kekuatan dalam kondisi pertempuran," tambah Putin.

Rusia pertama kali meluncurkan serangan udada di Suriah pada September 2015, dalam intervensi terbesarnya di Timur Tengah selama beberapa dekade.

Langkah itu mengubah gelombang konflik lantaran dukungannya kepada Presiden Bashar al-Assad.

Ketika ditanya tentang kemungkinan pecahnya 'perang dunia ketiga', ia menjawab bahwa terkait ancaman berakhirnya peradaban manusia, seluruh negara harus menahan diri.

Walaupun ia menuduh Amerika Serikat (AS) telah melakukan langkah provokatif.

"Keputusan AS menarik diri dari perjanjian mengenai rudal anti-balistik merupakan upaya untuk mengakhiri paritas strategis, namun kami akan menanggapi hal ini," tegas Putin tanpa menjelaskan rincian dari rencananya itu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved