ODA Buat China dari Jepang Sudah Selesai Tahun 2018, Total 3 Triliun 650 Miliar Yen

PM Jepang sendiri akan bertemu pemimpin China tanggal 26 Oktober mendatang guna membicarakan berbagai kerjasama kedua negara

ODA Buat China dari Jepang Sudah Selesai Tahun 2018, Total 3 Triliun 650 Miliar Yen
NHK
Pertemuan tingkat tinggi antara pemimpin Jepang (kiri) dan pemimpin China (kanan) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Bantuan kerjasama pembangunan luar negeri Jepang (ODA) bagi China yang diberikan sejak tahun 1979 telah berakhir tahun 2018 ini dengan total keseluruhan 3 triliun 650 miliar yen.

"Kita mengetahui semua bahwa mereka telah memainkan peran tertentu dan sangat baik dalam pembangunan ekonomi dan peningkatan tingkat teknis di China. Pinjaman ODA yang menduduki mayoritas pada tahun 2007 dan kerjasama bantuan hibah umum telah selesai dengan hibah baru pada tahun 2006. Tahun ini ODA selesai dan tidak lagi diberikan kepada China," papar Yoshihide Suga Sekretarius Kabinet dalam jumpa persnya Selasa ini (23/10/2018).

PM Jepang sendiri akan bertemu pemimpin China tanggal 26 Oktober mendatang guna membicarakan berbagai kerjasama kedua negara di berbagai bidang nantinya.

Sementara penerima ODA terbesar kedua setelah China adalah Indonesia di berbagai bidang infrastrukrur mulai jembatan, bangunan, pendidikan, pelabuhan dan sebagainya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved