Beda dengan Trump, Begini Cara Putin Hadapi Media

Beberapa diantaranya berasal dari wilayah paling terpencil di Rusia, sedangkan yang lainnya mewakili media asing yang telah terakreditasi

Beda dengan Trump, Begini Cara Putin Hadapi Media
Yuri Kochetkov/EPA-EFE
Presiden Rusia Vladimir Putin 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin akan menghadapi ratusan jurnalis pada Kamis waktu setempat selama berlangsungnya konferensi pers tahunannya.

Dalam acara tersebut, ia akan membahas mengenai satu tahun masa ketegangannya dengan dunia Barat serta masalah krisis dengan Ukraina.

Dikutip dari laman ewn.co.za, Kamis (20/12/2018), lebih dari 1.700 jurnalis diharapkan hadir dalam acara yang dihelat di ibukota Rusia, Moskow itu.

Beberapa diantaranya berasal dari wilayah paling terpencil di Rusia, sedangkan yang lainnya mewakili media asing yang telah terakreditasi oleh negara tersebut.

Di masa lalu, banyaknya orang yang bersaing untuk menarik perhatian Presiden Rusia membuat para Jurnalis sengaja membawa poster-poster berukuran besar dan memiliki gambar dan warna mencolok agar bisa membuat Presiden menoleh pada mereka.

Namun kali ini berbeda, untuk mengatur agar konferensi tersebut berlangsung tertib, pihak Gedung Kremlin tahun ini telah meminta awak media untuk membawa poster berukuran kecil.

Hal itu agar apa yang mereka lakukan tidak menghalangi maupun menutup wajah Putin dari bidikan fotografer.

Konferensi tersebut biasanya dimulai pada siang hari, namun tidak pernah jelas kapan acara tersebut berakhir.

Putin telah memulai tradisi itu sejak akhir tahun 2001.

Seiring berjalannya waktu, tradisi tersebut kemudian berevolusi menjadi peristiwa maraton.

Bahkan sejak 2004 lalu, semua konferensi pers yang digelar pada Desember, telah melampaui batas waktu, yakni lebih dari tiga jam.

Salah satu sesi yang tergolong cukup lama terjadi pada 2008, saat momen 'tanya jawab' berlangsung selama empat jam lebih 40 menit.

Penampilan Putin dalam momen tanya jawab dengan wartawan seluruh dunia itu nantinya akan ditayangkan langsung pada beberapa stasiun televisi.

Beberapa diantaranya bahkan turut menggunakan tayangan 'hitung mundur' sejak Rabu kemarin.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved