Gempa di Sulteng

Perusahaan Jepang MTPC Kirim Bantuan Jutaan Yen untuk Korban Bencana Alam di Sulteng Lewat NPO

MTPC belum lama ini mengirimkan bantuan kepada korban bencana alam di Sulawesi lewat sebuah NPO (yayasan) yang tak ada kaitan dengan MTPC.

Perusahaan Jepang MTPC Kirim Bantuan Jutaan Yen untuk Korban Bencana Alam di Sulteng Lewat NPO
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Puing bangunan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kantor pusat Mitsubishi Tanabe Pharma Corporation (MTPC) belum lama ini mengirimkan bantuan kepada korban bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng) lewat sebuah NPO (yayasan) yang tak ada kaitan dengan MTPC.

Padahal MTPC punya anak perusahaan di Indonesia yakni PT Tanabe Indonesia.

"Iya kita kirim bantuan 2 juta yen uang tunai dan 4 juta yen peralatan medis buat Indonesia tanggal 19 Oktober lalu lewat sebuah NPO Jepang," ungkap Teranishi, eksekutif Humas MTPC kepada Tribunnews.com, Kamis (20/12/2018).

Menurutnya tidak ada kaitan sama sekali antara NPO dan MTPC.

"Kami memberikan bantuan lewat NPO tersebut karena kepercayaan saja dan berharap bisa cepat sampai kepada para korban bencana alam di Indonesia," tambahnya.

Baca: Info Serangan Gerilya dari J-Alert Sempat Bikin Panik Warga Jepang, Ternyata Salah Kirim

Ketika ditanyakan mengapa tidak lewat anak perusahaannya di Indonesia, Teranishi mengatakan bahwa kepercayaan dan kecepatan penyampaian bantuan dipercaya lewat NPO Jepang tersbeut.

Demikian pula saat ditanyakan mengapa tidak lewat Palang Merah baik di Jepang atau Palang Merah Indonesia, dan juga mengapa tidak melalui Keidanren (Federasi Organisasi Ekonbomi Jepang), jawabannya juga serupa.

"Kami yakin semua bantuan kami lewat NPO itu semuanya sampai kepada para korban di Indonesia dengan baik keseluruhannya," kata dia.

MTPC juga menyampaikan rasa berduka cita sedalamnya kepada para korban bencana alam Indonesia dan berharap daerah yang terkena bencana alam tersebut dapat segera pulih kembali.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved