Breaking News:
BBC

Kembali bertemu Trump, Kim Jong-un berangkat ke Vietnam menggunakan kereta

Pemimpin Korea Utara itu akan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Hanoi pada tanggal 27-28 Februari.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berangkat menuju Hanoi, Vietnam menggunakan kereta untuk pertemuan keduanya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kereta Kim tiba di Dandong, kota perbatasan Korea Utara dan Cina, pada Sabtu (23/2) pukul 21.00 waktu setempat atau sekitar pukul 20.00 WIB.

Konferensi tingkat tinggi kedua antara AS-Korea Utara ini akan berlangsung pada tanggal 27 dan 28 Februari di ibu kota Vietnam, Hanoi.

Ini menjadi pertemuan lanjutan setelah perundingan bersejarah yang berlangsung tahun lalu di Singapura. Dunia menanti adanya kemajuan dari program 'denuklirisasi' Korea Utara.

Keberangkatan Kim Jong-un menuju Vietnam dikonfirmasi oleh media pemerintah Korea Utara. Itu sekaligus menjadi pengumuman resmi Pyongyang bahwa konferensi kedua tersebut akan berlangsung.

Media Korea Utara melaporkan bahwa Kim "dengan niat baik" akan mengunjungi Vietnam.

Dia dilaporkan didampingi adiknya, Kim Yo Jong dan salah satu negosiator ulung Korea Utara, mantan Jenderal Kim Yong Chol.

Kenapa ada pertemuan kedua?

"Kami berdua jatuh cinta," Kata Donald Trump, September lalu. "Dia (Kim Jong-un) menulis surat yang sangat indah untuk saya."

Meskipun kerap melontarkan pujian, bulan-bulan pertama setelah konferensi di Singapura, hubungan Korea Utara dan AS masih terbilang dingin dan berjarak.

Oleh karena itu, pertemuan kedua ini diharapkan bisa menjadi fondasi baru sekaligus fokus pada pembahasan masalah pelucutan nuklir atau denuklirisasi yang disebut hanya terdapat sedikit kemajuan oleh para pengamat.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved