Dua Menteri Jepang Kunjungi Fukushima, Buktikan Wilayah itu Aman dari Bahaya Radiasi Nuklir

Fukushima Jepang saat ini dinyatakan aman dari bahaya radiasi nuklir. Bahkan dua menteri Jepang berkunjung ke dekat pusat pembangkit nuklir itu.

Dua Menteri Jepang Kunjungi Fukushima, Buktikan Wilayah itu Aman dari Bahaya Radiasi Nuklir
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Yumiko Hata (kanan), Penanggungjawab Pemulihan Pembangkit Nuklir Fukushima kementerian ekonomi perdagangan dan industri (METI) dan Akira Ono, kiri, Chief Decommisioning Officer Tepco (Tokyo Electric Power Company Holdings Inc.) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Fukushima Jepang saat ini dinyatakan aman dari bahaya radiasi nuklir. Bahkan dua menteri Jepang berkunjung ke dekat pusat pembangkit nuklir berjarak sekitar 100 meter.

"Saat ini Fukushima Jepang sudah aman dari bahaya radiasi. Bahkan baru-baru ini dua menteri Jepang datang ke pembangkit nuklir di Fukushima hanya berjarak sekitar 100 meter dengan baju jas biasa sehari-hari," ungkap Akira Ono, Chief Decommisioning Officer Tepco (Tokyo Electric Power Company Holdings Inc.) kepada Tribunnews.com, Senin (25/2/2019) di Foreign Press Center (FPC) Jepang.

Selain pusat pembangkit nuklir diakuinya ada pula tiga atau empat lokasi pembuangan sampah nuklir yang diberikan tanda oranye pada pemetaan lokasi radiasi yang dibuat Tepco tersebut.

Untuk lokasi dengan warna hijau adalah aman, sekitar 100 meter dari lokasi warna oranye dan merah.

Sedangkan lokasi warna oranye merah per Februari tahun lalu (2018) dengan kekuatan radiasi 5 mikro sievert per jam.

Baca: Siswa SMK Terperosok di Tebing Saren, Petugas Hanya Temukan Baju yang Tersangkut Pohon

Kemudian mengenai perekrutan tenaga kerja di lapangan untuk membereskan sampah nuklir di pusat pembangkit nuklir tersebut kini terlibat sekitar 170 orang.

"Kita rekrut dari perusahaan Jepang lain dan mereka merekrut tenaga di lapangan dan kami yakin perusahaan recruitment itu melakukan penyeleksian dengan sangat baik," ungkap Ono.

Di masa lalu Tepco terbukti mempekerjakan tenaga dari para mafia Jepang (Yakuza).

Tenaga dari perekrut Jepang yang terkait dengan Yakuza.

"Kita juga menyelidiki dan tes para tenaga dari berbagai hal misalnya tidak boleh terkait narkoba dan sebagainya. Penyelidikan dan tes itu pun juga bukan saat masuk saja tetapi berulangkali bahkan pada saat mendadak untuk meyakinkan semua tenaga yang terbaik bekerja di Tepco," kata dia.

Bukan hanya aman dari radiasi, pihak Tepco pun mengundang semua orang datang ke Fukushima karena alam yang indah dan makanannya yang enak.

"Silakan kapan saja turis datang ke Fukushima yang sudah aman saat ini," ujar dia.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved