BBC

Daerah kecil di Denmark yang dihuni 1.000 perempuan Thailand

Thy adalah sebuah daerah kecil di Denmark yang dihuni hampir 1.000 perempuan asal Thailand. Kemunculan para perempuan Thailand ini terjadi setelah

"Saya tidak terpikir sama sekali 24 tahun lalu. Tahu-tahu jatuh cinta," kata seorang pria asal Denmark tentang seorang perempuan yang dia temui di Pattaya, kota di Thailand yang tersohor karena wisata seks.

Pria itu bernama Nils Molbaek. Dia sedang menceritakan pertemuannya dengan Sommai, pasangannya selama 24 tahun. Mereka kini hidup bersama di sebuah rumah sederhana berlantai satu di Denmark bagian barat laut—hampir 9.000km dari Thailand.

Sambil bercerita, Niels didampingi Sommai dan dua keponakannya yang dibesarkan dari kecil. Di sampingnya ada adik mantan suaminya serta temannya dari satu kampung di timur laut Thailand.

thai
Kaona Pongpipat/BBC Thai
Pria dan perempuan biasanya bersantap di meja yang terpisah.

Perempuan yang mengantarkan makanan ke meja adalah mantan istri dari keponakan Sommai. Dia baru pindah ke kota itu.

Setiap perempuan di meja ini bersuamikan pria Denmark melalui jasa Sommai sebagai mak comblang.

Sudah berkali-kali dia menaruh foto perempuan-perempuan Thailand dari kampungnya di kolom iklan surat kabar, menampung mereka di rumahnya sehingga mereka bisa bertemu pria yang tertarik untuk pertama kali.

Sommai juga memberikan nasihat ketika para perempuan itu memulai hidup di Denmark. Dia pun berperan sebagai guru bahasa Denmark kepada perempuan-perempuan tersebut.

Hampir 30 tahun lalu, Sommai adalah satu-satunya orang Thailand yang bermukim di daerah bernama Thy. Kini, ada sekitar 1.000 perempuan Thailand menetap di sana, kebanyakan menikah dengan pria Denmark.

The cast
Christian Vium
"Heartbound" mengikuti beragam pasangan Thailand-Denmark selama lebih dari 10 tahun.

Sebagai perbandingan, di seantero Denmark hanya ada 12.625 orang asal Thailand. Dari jumlah itu, 10.494 di antara mereka adalah perempuan, menurut lembaga penyiaran Denmark DR.

"Tak terhitung lagi," kata Sommai ketika ditanya berapa banyak perempuan yang dia bantu menikah dan berapa banyak di antara mereka yang bergantian membantu.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved