Indonesia akan Ajak Negara-negara ASEAN Kerjasama Tangani Sampah Plastik

"Intinya kesepakatan agar negara-negara ASEAN memiliki sikap yang sama, kerjasama untuk mitigasi sampah plastik," ucap AM Fachir

Indonesia akan Ajak Negara-negara ASEAN Kerjasama Tangani Sampah Plastik
Dok. Kementerian Luar Negeri RI
Dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Uni Eropa (UE) ke-22 di Brussels, 21 Januari 2019, Indonesia kembali perjuangkan isu sawit dan menolak kebijakan diskriminatif terhadap sawit di Eropa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia akan membawa isu sampah plastik saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Hal itu sebagai upaya menyelamatkan laut dari bahaya sampah plastik.

Baca: Di KTT ASEAN dan KTT G-20, Presiden Jokowi Bakal Suarakan Sampah Laut hingga Perang Dagang

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, persoalan sampah plastik tersebut disampaikan dalam bentuk dokumen untuk menciptakan kesepakatan negara-negara ASEAN dalam mengatasi sampah plastik.

"Intinya kesepakatan agar negara-negara ASEAN memiliki sikap yang sama, kerjasama untuk mitigasi sampah plastik," ucap AM Fachir di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut AM Fachir, kerjasama dengan negara lain untuk bersama-sama menangani sampah plastik, sangat dibutuhkan Indonesia yang memiliki luas laut sangat besar. 

"Kita negara yang lautnya besar dan kita merasakan dampaknya sekarang (akibat sampah plastik)," paparnya. 

Baca: Cerita Khansa, Pendaki Cilik Asal Cibubur yang Gapai Puncak Tertinggi Kilimanjaro Afrika

Selain itu, Indonesia nantinya mengajak negara ASEAN untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi seiring adanya perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat. 

"Kita mestinya menampilkan sikap dan posisi bersama, sehingga tidak menimbulkan kerugian terhadap negara anggota ASEAN," ucapnya. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved