BBC

Vaksinasi: Sejarah imunisasi dan alasan mengapa masih ada orang yang ragu-ragu walau telah menyelamatkan hidup jutaan manusia

Setiap tahun, vaksinasi membantu menyelamatkan hidup jutaan orang. Namun mengapa masih ada orang yang ragu-ragu dengan program kesehatan ini?

Vaksin telah menyelamatkan puluhan juta orang dalam satu abad ini, tetapi di beberapa negara, ahli kesehatan mengidentifikasi kecenderungan yang meragukan vaksinasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sangat mengkhawatirkannya sehingga memasukkan kecenderungan ini ke dalam 10 ancaman terhadap kesehatan dunia di tahun 2019.

Cara kerja vaksin.
BBC

Bagaimana vaksinasi ditemukan?

Sebelum vaksin ditemukan, dunia adalah sebuah tempat yang jauh lebih berbahaya, di mana jutaan orang meninggal setiap tahunnya dari berbagai penyakit yang sekarang dapat dicegah.

China adalah yang pertama kali menemukan bentuk pertama vaksinasi pada abad ke-10: "variolation" yang di antaranya memaparkan orang sehat ke jaringan koreng karena penyakit agar kebal.

Delapan abad kemudian, dokter Inggris, Edward Jenner, menemukan bagaimana perempuan pemerah susu terkena cacar sapi ringan, tetapi jarang mengalami cacar (smallpox) yang mematikan.

Cacar adalah penyakit infeksi yang sangat menular dan menewaskan sekitar 30% penderitanya.

Korban selamat sering kali menjadi buta atau memiliki bekas luka.

Pada tahun 1796, Jenner melakukan percobaan pada James Phipps, delapan tahun.

Dokter menyuntikkan nanah dari cacar sapi ke anak laki-laki yang tidak lama kemudain memperlihatkan gejala penyakit itu.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved