Setelah Saling Bertukar Surat dengan Kim Jong Un, Donald Trump Siap Kunjungi Korea Selatan

Pertemuan ini meningkatkan harapan akan adanya pembicaraan lanjutkan untuk mencapai kesepakatan yang akan mengakhiri program nuklir Korea Utara.

Setelah Saling Bertukar Surat dengan Kim Jong Un, Donald Trump Siap Kunjungi Korea Selatan
AFP/SAUL LOEB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Sofitel Metropole Hotel, Hanoi, Vietnam, Rabu (27/2/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL -  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan akan mengunjungi Korea Selatan akhir pekan ini setelah ia bertukar surat dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Pertemuan ini meningkatkan harapan akan adanya pembicaraan lanjutkan untuk mencapai kesepakatan yang akan mengakhiri program nuklir Korea Utara.

Mengutip Reuters, Senin (24/6/2019), Trump dijadwalkan akan tiba di Korea Selatan pada hari Sabtu. Ia melakukan kunjungan selama dua hari di Negeri Gingseng tersebut. Kemudian pada hari Minggu, Trump akan bertemu Presiden Moon-Jae-in.

Pengumuman kunjungan Trump ini diumumkan beberapa jam setelah Menteri Luar Nengeri AS Mike Pompeo mengatakan, ia berharap surat yang dikirim Trump kepada Kim dapat membuka jalan bagi perundingan lanjutan terkait nuklir Korea Utara yang sempat macet.

Juru Bicara Presiden Korea Selatan Ko Min-Jung mengatakan, Trump dan Moon akan melakukan diskusi mendalam tentang bagaimana cara bekerjasama untuk menciptakan perdamaian abadi melalui denuklirisasi lengkap di semenanjung Korea dan memperkuat aliansi kedua negara.

Baca: Membanggakan! Tim Indonesia Lolos ke Tahapan Global Final PUBG Mobile Club Open 2019 di Berlin

Sementara Pompeo sebelumnya mengatakan, AS siap untuk segera melanjutkan pembicaraan dengan Korea Utara.

"Saya berharap ini akan memberikan landasan yang baik bagi kita untuk memulai ... diskusi penting ini dengan Korea Utara," kata Pompeo kepada wartawan.

Baca: Google Siap Beri Dukungan OS Android Q untuk Ponsel-ponsel Buatan Huawei Ini

Trump sedang mempertimbangkan kunjungan ke zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea, kata seorang pejabat Korea Selatan. Trump ingin pergi ke sana selama perjalanan 2017 ke Korea Selatan tetapi kabut tebal mencegahnya.

Kim dan Moon mengadakan pertemuan puncak bersejarah pertama mereka di DMZ tahun lalu, sehingga kunjungan Trump ke perbatasan antara kedua Korea akhir pekan ini dapat memicu spekulasi pertemuan dengan Kim di sana.

Seorang pejabat lain di kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan dia tidak mengetahui adanya rencana bagi Trump untuk bertemu Kim. 

Trump dan Kim mengadakan pertemuan puncak pertama mereka di Singapura pada Juni tahun lalu, setuju untuk membangun hubungan baru dan bekerja menuju denuklirisasi semenanjung Korea.

Namun KTT kedua di Vietnam pada Februari runtuh ketika kedua pihak tidak dapat menjembatani perbedaan antara tuntutan AS untuk denuklirisasi dan tuntutan Korea Utara untuk bantuan sanksi.

Noverius Laoli/Sumber: Reuters 
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Trump akan kunjungi Korea Selatan, setelah bertukar surat dengan Kim Jong Un 


Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved