Presiden Trump Masuk Zona Demiliterisasi Korut, Ternyata Sudah Direncanakan Lewat KTT G20 Jepang

Presiden AS Donald Trump memasuki daerah Korea Utara di daerah zone demiliterisasi (DMZ), Minggu (30/6/2019) pukul 15.15 waktu Korea.

Presiden Trump Masuk Zona Demiliterisasi Korut, Ternyata Sudah Direncanakan Lewat KTT G20 Jepang
Foto NBC/Richard Susilo
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) di daerah DMZ (zone demiliterisasi) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden AS Donald Trump memasuki daerah Korea Utara di daerah zone demiliterisasi (DMZ), Minggu (30/6/2019) pukul 15.15 waktu Korea atau pukul 13.15 WIB.

Ternyata kegiatan ini telah direncanakan dan dimatangkan lewat KTT G20 di Jepang yang berlangsung 28 hingga 29 Juni 2019 lalu.

"Pertemuan itu sudah direncanakan dengan matang oleh Presiden Trump dan semakin mengerucut saat bertemu berbagai kepala pemerintahan, bilateral, bersamaan pertemuan KTT G20 di Osaka 28 Juni dan 29 Juni lalu," ungkap sumber Tribunnews.com di pemerintahan Jepang, Senin (1/7/2019).

Hal serupa juga diungkapkan mantan wartawan Kyodo, Kazuya Iwamura pagi ini.

"Kelihatan sekali seperti mendadak, tetapi saya percaya hal itu sudah direncanakan dengan matang sebelumnya. Justru yang mendadak begini lebih matang perencanaannya khususnya dilakukan oleh pihak AS sehingga akhirnya kedua kepala negara tersebut bisa bertemu," ungkapnya.

Pertemuan kemarin merupakan pertama kali Presiden AS Donald Trump berjalan memasuki wilayah Korea Utara yang sebelumnya bahkan pernah disebut mantan Presiden Bill Clinton sebagai daerah sangat berbahaya, daerah neraka.

Namun kemarin Presiden Trump dengan modal twitter-nya yang dibaca pula oleh Pemimpin Korut Kim Jong Un, akhirnya bertemu di daerah DMZ tersebut secara mendadak.

Baca: Kopda Lucky Prasetyo Dianiaya Hingga Meregang Nyawa, Berikut Tampang 4 Pria Kekar Terduga Pelaku

"Saya kaget sekali mendadak diajak bertemu di sini setelah membaca twitter Presiden Trump," kata Kim kemarin di DMZ.

Namun setelah dilakukan konfirmasi ke berbagai pihak hal itu benar dan serius, Kim juga setuju bertemu di DMZ.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved