BBC

'Alcatraz di pegunungan Amerika': Penjara yang dirancang untuk meruntuhkan mental penghuninya

Penjara ini dirancang untuk mengurung penjahat yang dianggap paling berbahaya sedunia. Dikenal dengan julukan Supermax, penjara ini mengurung

Nama penjara ini adalah United States Penitentiary Administrative Maximum Facility, atau ADX Florence, dan dijuluki Supermax terletak di pinggir pegunungan Rocky, di tanah gurun yang gersang di Colorado, Amerika Serikat.

"Alcatraz di pegunungan Rocky" ini dianggap sebagai penjara dengan tingkat keamanan tertinggi di Amerika dan menjadi tempat bagi beberapa penjahat paling terkenal di negeri itu.

Termasuk di dalamnya mungkin Joaquin "El Chapo" Guzmán, bekas pemimpin kartel obat terlarang Meksiko, yang dianggap musuh masyarakat nomer satu di Meksiko dan AS.

El Chapo yang disebut "kejam dan haus darah" oleh jaksa penuntut umum, mungkin hanya kalah tenar dari Pablo Escobar. El Chapo pernah dua kali melarikan diri dari penjara keamanan tertinggi di Meksiko dengan meggali terowongan sepanjang satu mil dari selnya.

Kini Alcatraz di pegunungan Rocky dianggap mampu menahan penjahat legendaris ini.

'Alcatraz di pegunungan Rocky'

Julukan ini mengacu pada penjara Alcatraz yang terkenal di Kalifornia yang kini sudah tutup. ADX Florence dibangun di tahun 1994 dan tak pernah ada yang melarikan diri dari sana.

ADX Florence atau "Supermax", di Florence, Kolorado
Getty Images
Belum pernah ada yang berhasil melarikan diri dari ADX Florence sejak dibuka pada tahun 1994.

ADX Florence bisa menampung 490 narapidana pria, dan merupakan bagian dari Kompleks Penjara Florence, yang terdiri dari 3 bangunan penjara.

Hampir seluruh narapidananya - sekarang berjumlah 376 orang - menjalani hukuman seumur hidup berganda. Mereka diisolasi 23 jam sehari, dan kontak mereka dengan manusia sangat minimum.

"Penjara itu umumnya bikin depresi, tapi yang ini dibuat untuk melucuti kemanusiaan," kata Duncan Levin, pengacara kriminal dan bekas jaksa federal. "Ini merupakan salah satu tempat paling terpencil di dunia. Tak ada tanda-tanda kehidupan di luar sama sekali."

Menurut Levin interaksi para penghuninya satu sama lain sangat minimum untuk memperkecil kemungkinan mereka saling melukai.

Penjara ADX Florence
Google Images
Kompleks penjara federal Florence yang terdiri dari tiga bangunan penjara, salah satunya adalah Supermax.
Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved