BBC

CLICK - Kecerdasan buatan, tangan palsu pahlawan super hingga aplikasi untuk menangkap penjahat

Pekan ini, Click membahas tentang kecerdasan buatan, mulai dari aplikasi yang bisa memantau dan menganalisis cara konsumen berbelanja untuk

Kecerdasan buatan dengan program pengenalan wajah di China.
Getty Images

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, namun tidak menutup kemungkinan, AI juga bisa menggantikan peran manusia di masa depan.

Tapi, seberapa jauh kemajuan teknologi ini sekarang?

Pekan ini, CLICK, program yang memuat informasi tentang teknologi dan masa depan, membahas tentang kecerdasan buatan, mulai dari aplikasi yang bisa memantau dan menganalisis cara konsumen berbelanja untuk membantu para peritel, hingga membantu polisi menangkap penjahat.

Kecerdasan buatan bisa diajari untuk menganalisis cara konsumen berbelanja, sehingga bisa membantu peritel.
BBC
Kecerdasan buatan bisa diajari untuk menganalisis cara konsumen berbelanja, sehingga bisa membantu peritel dengan cara memilah calon konsumen yang sesuai dengan produk mereka.

Selain itu, CLICK juga membahas tentang tangan palsu pahlawan super yang dibuat menggunakan mecin cetak tiga dimensi. Tujuannya, agar anak-anak tidak lagi merasa kurang percaya diri saat harus menggunakan tangan palsu di sekolah.

Tangan palsu ini diciptakan oleh OpenBionics. Mereka meminta masukan dari anak-anak tentang kriteria tangan palsu yang mereka inginkan.

Hasilnya, tangan palsu canggih yang membuat anak-anak merasa seperti Iron Man saat menggunakannya.

Tangan palsu OpenBionics
BBC
Tangan palsu pahlwan super ini diciptakan OpenBionics untuk meningkatkan rasa percaya diri anak-anak.

Lainnya adalah Aruna, aplikasi karya sejumlah anak muda Indonesia yang bisa membantu para nelayan di pulau terpencil sekalipun, memasarkan produk mereka hingga ke Amerika Serikat.

Melalui Aruna, nelayan yang menjual komoditas laut dapat mengetahui harga jual, disesuaikan dengan harga di pasaran. Hingga saat ini, Aruna telah membantu lebih dari 2000 nelayan di Indonesia. Salah satunya, Darhan, nelayan kepiting bakau di Berau, Kalimantan Barat.

"Pengepul itu kadang mempermainkan kita dalam hal harga. Tapi setelah ada Aruna, tidak seenaknya mempermainkan kita. Karena Aruna terbuka pada kita, berapa harga dari pembeli, dan berapa harga dari pengepul," katanya.

Semua hal itu dapat Anda saksikan di program CLICK yang tayang setiap hari Minggu pukul 11.30 WIB di Kompas TV atau bisa juga melalui YouTube Channel BBC News Indonesia.

Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved