BBC

Indonesia Open: Sisakan ganda putra, mampukah Indonesia saingi China dan Jepang dalam tahun-tahun mendatang?

Dalam waktu hampir satu dekade belakangan, secara keseluruhan, tim nasional bulu tangkis Indonesia masih berada di belakang tim China dan Jepang.

Dalam waktu hampir satu dekade belakangan, performa para pebulu tangkis Indonesia jauh di belakang tim China dan Jepang. Meski unggul di nomor ganda putra, prestasi tunggal dan ganda putri Indonesia yang rendah, menahan Indonesia pada posisinya.

Hal ini dibuktikan pada turnamen terkini. Seusai babak perempat final Indonesia Open 2019 (19/07), Indonesia hanya memiliki dua wakil di nomor ganda putra, yakni Marcus Fernaldi dan Kevin Sanjaya serta Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan.

Seluruh tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran berguguran sejak babak 16 besar.

badminton
BBC

Kondisi ini sesuai dengan data Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Setelah prestasinya anjlok sekitar tahun 2015, badminton Indonesia mencatatkan peningkatan pencapaian pada nomor ganda putra dan tunggal putra, yang bahkan menyalip dominasi China dan Jepang.

badminton
BBC

Sektor ganda putra diperkuat Marcus Fernaldi dan Kevin Sanjaya atau yang akrab disapa duo "Minions", ujar pengamat bulu tangkis dan wartawan senior, Broto Happy.

Marcus dan Kevin telah bertengger di posisi puncak dunia selama kurang lebih dua tahun.

Pasangan ganda putra yang lebih senior dan juara All England 2019, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan, juga masih bertengger di 10 besar dunia.

Pada kategori ini, pencapaian Indonesia semakin trengginas melalui sokongan Fajar Alfian dan Muhammad Rian.

"Hadirnya pemain-pemain ganda yang berkualitas bisa menjaga prestasi Indonesia," ujar Broto.

badminton
BBC

Selain itu, kata Broto, kategori tunggal putra kedatangan bakat-bakat baru, seperti Jonathan Christie, juara Asian Games 2018; dan Anthony Ginting, juara China Open 2018.

Putri Indonesia jauh di bawah China dan Jepang

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved