Azusa Iyota Menilai Corak Batik Indonesia Pantas Dijadikan Desain Baju Yosakoi Jepang

Desainer baju yosakoi yang telah berpengalaman selama 16 tahun, Azusa Iyota menilai desain batik juga pantas dijadikan desain untuk baju yosakoi.

Azusa Iyota Menilai Corak Batik Indonesia Pantas Dijadikan Desain Baju Yosakoi Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Azusa Iyota, desainer baju Yosakoi terkenal dari Dream Company di Kochi Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Desainer baju yosakoi yang telah berpengalaman selama 16 tahun, Azusa Iyota (37) menilai desain batik juga pantas dijadikan desain untuk baju yosakoi.

"Saya telah 16 tahun bergerak mendesain. Sekitar 16 tahun lalu sampai kini melihat ada perubahan dalam desain baju yosakoi. Misalnya dari modal garis ke model kembang-kembang bunga Sakura misalnya saat ini cukup disukai masyarakat," ungkap Azusa Iyota kepada Tribunnews.com, Jumat (9/11/2019).

Menurutnya, desain tersebut juga bagus mungkin jika dipadukan dengan gaya batik Indonesia, apalagi kalau memang yosakoi bermain di Indonesia.

"Pada dasarnya model dan desain baju yosakoi itu bebas tak ada batasan. Jadi kalau dipadukan dengan batik misalnya ya mungkin bagus pula apalagi kalau yosakoi-nya di Indonesia," tambahnya.

Azusa Iyota, desainer baju Yosakoi terkenal dari Dream Company di Kochi Jepang
Azusa Iyota, desainer baju Yosakoi terkenal dari Dream Company di Kochi Jepang (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Desain baju yang dibuatnya saat ini dijual dengan harga sekitar 10.000 yen - 30.000 yen per piece.

Dari asal mula permintaan lalu didesain hingga jadi sample dan jadi produksi yang sebenarnya paling lama memakan waktu 2 bulan.

"Namun kita memulai kesibukan biasanya sudah sejak 1 April karena permintaan desain banyak sekali bisa lebih dari 100 piece. Sehingga memakan waktu baru selesai sekitar bulan Juli setelah berulang kali dikonfirmasikan kepada pemesannya," jelas dia.

Perusahaannya Dream Company melakukan usahanya sejak sekitar 22 tahun lalu yang spesialis mendesain khusus pakaian yosakoi.

Baca: Se Relaxer, Restoran Jepang Gaya Perancis Berusaha Jadi Tempat Makanan Halal

Baca: Raffi Ahmad Kena Amuk Rafathar karena Dikira Mengusir Merry dari Rumah

Di Perfektur Kochi saja menurutnya hanya ada dua perusahaan serupa dan di seluruh tempat di Jepang tidaklah banyak.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved