BBC

Warna-warni sel pembuluh darah, paduan antara sains dan seni terpilih sebagai pemenang kompetisi foto

Foto berwarna-warni sel pembuluh darah manusia memenangkan lomba foto terbaik terkait penelitian penyakit jantung dan peredaran darah, paduan

Foto berwarna-warni sel pembuluh darah manusia memenangkan kompetisi Refleksi Penelitian tahun ini, yang diselenggarakan Yayasan Jantung Inggris (BHF).

Perlombaan yang mencari foto terbaik terkait dengan penelitian penyakit jantung dan peredaran darah ini, mengaitkan sains dengan seni.

Foto yang menjadi pemenang berjudul A Sea of Cells atau Lautan Sel (di atas) adalah foto jarak sangat dekat sel otot halus yang melapisi pembuluh darah tikus, dengan berbagai warna yang menggarisbawahi protein yang berbeda.

Peneliti di balik foto ini adalah Iona Cuthbertson, mahasiswi S3 University of Cambridge.

Cuthbertson mengkaji cara di mana sel otot halus langka di dinding arteri tumbuh dengan cepat setelah cedera. Penelitiannya terkait dengan keadaan seperti atherosclerosis, di mana terjadi penumpukan zat lemak di dalam arteri - keadaan yang dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

"Foto pemenang berhasil menggambarkan drama bergejolak yang terjadi pada skala sel," kata John O'Shea, juri tamu dan pimpinan program Science Gallery London.

"Lewat keterampilan dan imajinasi para ilmuwan yang terlibat, semua foto yang lolos seleksi mengungkapkan kepada kami proses kehidupan yang menakjubkan dalam cara-cara baru."

Berikut foto-foto juara kedua dan yang lolos seleksi, dengan penjelasan dari BHF.

---------------------------------------------------------

Juara kedua juri: The Forming Heart oleh Dr Richard Tyser

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved