Trump Sebut PM Denmark Hina Amerika: Kami Ini yang Melindungi Eropa

Presiden AS Donald Trump menyebut Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen berkomentar menjijikkan ketika menanggapi isu soal Greenland.

Trump Sebut PM Denmark Hina Amerika: Kami Ini yang Melindungi Eropa
Sputnik News
Presiden Amerika Serikat Donald Trump 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump menyebut Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen berkomentar menjijikkan ketika menanggapi isu soal Greenland.

Negeri Skandinavia itu menyuarakan kecaman setelah Trump membatalkan kunjungan yang seharusnya dilaksanakan pada 2-3 September di ibu kota Kopenhagen.

Pembatalan itu terjadi Frederiksen menyebut ide yang dilontarkan Trump ketika dia tertarik untuk membeli Greenland tidak serius dan menyebutnya "konyol".

"Pernyataan yang dilontarkan perdana menteri, bahwa dia menyebut ide itu konyol, sangat menjijikkan," kata presiden 73 tahun itu dikutip BBC Rabu (21/8/2019).

Baca: Muhaimin Iskandar Disarankan Bentuk Kelompok Master Mind

Baca: Para Imigran di Medan Berunjuk Rasa, Minta Segera Dipindahkan ke Negara Pemberi Suaka

Baca: Lahan 3.000 Hektar Dipersiapkan untuk Ibu Kota Baru di Kalimantan

Menurut Trump, seharusnya Frederiksen cukup mengatakan bahwa dia menolak dan tidak bersedia. Trump berujar apa yang diucapkan Frederiksen sudah menghina AS.

"Dia tidak berbicara kepada saya. Dia berbicara kepada rakyat Amerika Serikat. Bukan begitu cara dia harusnya berbicara, setidaknya di depan saya," katanya.

Kemudian dalam kicauannya di Twitter, Trump mengungkit kalau kontribusi Denmark terhadap Organisasi Kerja Sama Atlantik Utara (NATO) terbilang kecil.

Dia mengungkapkan Kopenhagen hanya menghabiskan 1,35 persen dari GDP untuk NATO. Padahal, lanjutnya, Denmark merupakan negara makmur dan seharusnya menyumbangkan dua persen.

"Kami melindungi Eropa. Namun dari 28 negara anggota, hanya delapan yang berkontribusi di ats 2 persen. AS jelas berada di level yang lebih atas," paparnya.

Kemudian dikutip AFP, dia menyatakan bukanlah presiden pertama yang mengungkap rencana membeli Greenland, dan menyebut Presiden Harry S Truman.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved