4 Awak Kapal Indonesia Diselamatkan Kapal Penangkap Ikan Jepang Yang Terbalik di Hokkaido

Setelah diselamatkan tampak 7 orang awak kapal tidak terluka dan tidak ada ancaman kehidupan apa pun, tambah sumber itu lagi.

4 Awak Kapal Indonesia Diselamatkan Kapal Penangkap Ikan Jepang Yang Terbalik di Hokkaido
Patroli Penyelamat Pantai Jepang
Seorang awak kapal Indonesia mengibarkan bendera putih minta tolong kepada kapal patroli penyelamat pantai Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sekitar jam 7:20 waktu Jepang kemarin (28/8/2019) di lepas pantai Kota Kushiro, Hokkaido, kapal nelayan "Dai 38 jun Juneimaru " dengan berat 19 ton milik Koperasi Perikanan perfektur Miyagi Cabang Karakuwa (Kota Kesennuma), mengalami kecelakaan kapal terbalik. Namun 7 awaknya terselamatkan termasuk 4 awak WNI di atasnya.

"Asalnya ada telpon 118 dari pihak kapal dan patroli pantai regional pertama (Otaru) segera dikerahkan menyelamatkan," papar suymber Tribunnews.com Kamis ini (29/8/2019).

Setelah diselamatkan tampak 7 orang awak kapal tidak terluka dan tidak ada ancaman kehidupan apa pun, tambah sumber itu lagi.

Lokasi kecelakaan sekitar 110 kilometer selatan Kota Kushiro.

Menurut pihak kapal tersebut, nelayan Junichi Ito (56) dari kota Karakuwa beserta dua lelaki berusia lima puluhan tinggal di kota tersebut dan empat lelaki Indonesia, total tujuh orang naik kapal tanggal 24 Agustus lalu dari kota pelabuhan Kesennuma berlabuh untuk mencari ikan swordfish (ikan selir).

"Kapal itu dalam keadaan berbahaya karena gelombang transversal, sehingga akhirnya terbalik dan menelpon segera bantuan dari darat."

Menurut Observatorium Meteorologi Distrik Sapporo, pada pagi hari tanggal 28 Agustus 2019, angin tenggara bertiup kencang dari pagi hingga siang di dekat lokasi, dan peringatan angin kencang dari laut telah diumumkan untuk menyerukan kehati-hatian.

Di Asosiasi Perikanan Prefektur Miyagi, Cabang Karakuwa

Masanori Hatakeyama (65), Ketua Komite Pengarah dari Asosiasi Perikanan perfektur Miyagi cabang Karakuwa, mengatakan, “Semua orang diselamatkan tanpa cedera dan saya merasa lega."

Kapal Dai 38 jun Juneimaru berangkat dari Pelabuhan Memancing Shukine Maone di Karusaku-cho, Kota Kesennuma pada tanggal 24 Agusatus 2019.

Tujuannya memancing dari tengah malam hingga subuh, dan dijadwalkan untuk kembali setelah menyelesaikan operasi pada tanggal 28 Agustus 2019. Namun kemudian terhantam ombak besar dan angin kencang di tengah laut sehingga kapal terbalik.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved