BBC

Isyarat tangan 'OK' yang membuat pemerintah China resah

Mengapa sebuah isyarat tangan "OK" yang diacungkan seorang anak perempuan dalam sebuah video viral mengguncang pemerintahan China?

Sebuah video yang menunjukkan seorang bocah perempuan menggunakan sebuah taktik untuk memberi isyarat bahwa ia membutuhkan pertolongan menjadi viral di media sosial TikTok - dan membuat pihak berwajib China gelisah.

Perempuan itu tampak dikawal oleh orang tak dikenal di sebuah bandara. Tak dapat berteriak minta tolong, dia lantas mengacungkan isyarat tangan yang tampak seperti isyarat "OK".

Hal itu menarik perhatian pejalan kaki yang langsung menghardik dan berdebat dengan pria asing itu. Orang lain kemudian menyadari bahwa anak itu ditahan di luar kehendaknya. Dia kemudian kembali kepada orang tuanya.

Lalu, mengapa video ini memancing reaksi luar biasa di media sosial China dan membuat pihak berwajib marah?

Isyarat tangan

Isyarat tangan "OK" dalam posisi terbalik tampak seperti formasi angka "110"
BBC
Isyarat tangan "OK" dalam posisi terbalik tampak seperti formasi angka "110"

Meskipun isyarat "OK" dikenal luas di seluruh dunia sebagai isyarat positif, bahasa tubuh yang sama dengan sedikit memutar tangan sehingga telapak tangan berada di sisi dalam akan menyiratkan pesan yang berbeda di China.

Jika dua jari didempetkan, tangan akan tampak seperti membentuk angka "110" - nomor telepon darurat kepolisian di China.

Alhasil, video itu, yang menampilkan aktor-aktor, memberi tahu cara halus bagi anak yang ingin menyampaikan suatu pesan ketika mereka dalam masalah.

Agar pesan ini tersebar luas, di akhir video seorang pria mengatakan kepada penonton untuk "menyebarluaskan isyarat ini" agar orang-orang dapat memberi pertanda jika mereka butuh pertolongan "ketika berada dalam paksaan, penculikan atau khawatir nyawa Anda terancam".

Pihak berwajib tidak suka

Video itu memiliki tampilan layaknya pengumuman layanan publik, sehingga banyak pengguna media sosial yang mengasumsikannya sebagai iklan yang didukung pihak kepolisian.

Harian Ekonomi Chengdu mengatakan bahwa video yang dibagikan di TikTok sebagian besar mengaitkannya dengan pihak kepolisian. Meski demikian, asal usul sebenarnya dari video tersebut tidak diketahui.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved