BBC

Keluarga Mugabe setuju mantan presiden Zimbabwe dimakamkan di makam pahlawan setelah bertengkar dengan pemerintah

Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe akan dimakamkan di taman makam nasional, monumen National Heroes Acre di Harare, kata keluarganya, menyusul

Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe akan dimakamkan di taman makam nasional, monumen National Heroes Acre di Harare, kata keluarganya, menyusul pertengkaran yang sempat muncul dengan pemerintah terkait tempat peristirahatan terakhirnya.

Juru bicara keluarga keluarga, Leo Mugabe mengatakan tanggal pemakaman belum ditentukan.

Sebelum pemakaman, akan diadakan upacara di pemakaman negara di Harare hari Minggu (15/09), diikuti dengan upacara di desa kelahiran Mugabe.

Robert Mugabe yang berkuasa hampir selama 40 tahun di Zimbabwe, meninggal dalam usia 95 tahun minggu lalu ketika sedang menjalani perawatan medis di Singapura.

Jenazahnya disemayamkan di stadion sepakbola di ibukota Harare.

Sempat tidak sepakat

Sebelumnya, pihak keluarga mengatakan kaget tidak dilibatkan dalam rencana pemakaman mantan presiden Zimbabwe yang direncanakan pemerintah di taman makam pahlawan.

Mereka sempat menyatakan jenazah Mugabe akan disemayamkan di desa keluarga di Kutama Minggu malam (15/09), dan akan dimakamkan dengan upacara pribadi dan tidak ada pemakaman di National Heroes Acre.

Keponakan Robert Mugabe, Leo Mugabe, sedang menyambut para pelayat di Harare.
Reuters
Keponakan Robert Mugabe, Leo Mugabe, sedang menyambut para pelayat di Harare.

Namun hari Jumat (12/09), Leo Mugabe mengatakan kepada BBC bahwa akan ada upacara untuk masyarakat di Harare hari Minggu (15/09).

Ia mengatakan jenazah Robert Mugabe kemudian akan dibawa ke desa asalnya di Kutama, di mana anggota suku dan keluarganya bisa menyelenggarakan upacara mereka sendiri.

Kemudian - harinya belum ditentukan - jenazah Mugabe akan dimakamkan di monumen National Heroes Acre di Harare, kata Leo Mugabe.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved