BBC

Mugabe: Mengapa keluarga tak ingin ia dimakamkan di taman makam pahlawan?

Pihak keluarga mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe menyatakan mereka tidak diajak berkonsultasi mengenai rencana pemakaman jenazah mantan

Keluarga mendiang Robert Mugabe, yang berkuasa selama hampir 40 tahun, mengatakan kaget tidak dilibatkan dalam rencana pemakaman mantan presiden Zimbabwe yang direncanakan pemerintah di taman makam pahlawan.

Mugabe meninggal dalam usia 95 tahun minggu lalu ketika sedang menjalani perawatan medis di Singapura.

Jenazahnya disemayamkan di stadion sepakbola di ibukota Harare.

Pihak keluarga dan pemerintah tidak sepakat mengenai lokasi peristirahatan terakhir Mugabe.

Pihak keluarga menyatakan jenazah Mugabe akan disemayamkan di desa keluarga di Kutama Minggu malam (15/09), dan akan dimakamkan dengan upacara pribadi.

Keponakan Robert Mugabe, Leo Mugabe, sedang menyambut para pelayat di Harare.
Reuters
Keponakan Robert Mugabe, Leo Mugabe, sedang menyambut para pelayat di Harare.

"Jenazahnya akan disemayamkan dalam kebesaran di Kutama Minggu malam, diikuti dengan pemakaman pribadi Senin atau Selasa. Tidak ada pemakaman di taman makam pahlawan nasional. Ini adalah keputusan seluruh negara," begitu kata keponakannya Leo Mugabe kepada kantor berita AFP.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa menyatakan Mugabe sebagai pahlawan nasional yang berarti Mugabe harus dimakamkan di taman makam nasional.

Pendiri negara dan harus dimakamkan di TMP

Sementara itu Menteri Pendidikan Paul Mavhima mengatakan ia tak ragu bahwa Mugabe akan dimakamkan sebagai pahlawan nasional.

"Ia seorang ikon, pemakamannya akan dihadiri oleh sekitar 50 orang kepala negara atau bekas kepala negara. Ia adalah pendiri negara ini, tak bisa diperdebatkan lagi. Tidak perlu ada konflik. Keputusan ini seharusnya jelas: ia harus dimakamkan di taman makam nasional," katanya kepada BBC.

Bekas ibu negara Zimbabwe, Grace Mugabe sedang berduka di kediaman Mugabe di Harare.
AFP
Bekas ibu negara Zimbabwe, Grace Mugabe sedang berduka di kediaman Mugabe di Harare.

Dalam pernyataannya, keluarga Mugabe mengatakan mereka sangat khawatir pihak pemerintah membuat rencana pemakaman "tanpa berkonsultasi dengan keluarga terdekat yang bertugas mengkomunikasikan keinginan terakhirnya terkait pemakaman".

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved