Kabut Asap

Kabut Asap dari Indonesia Mencapai Filipina

Pihak berwenang mengukuhkan bahwa daerah-daerah lain juga mungkin terimbas kabut asap tersebut.

Kabut Asap dari Indonesia Mencapai Filipina
TRIBUN PEKANBARU/
KABUT - Suasana Kota Pekanbaru yang diselimuti kabut asap, Kamis (19/9). Kabut asap semakin pekat menyelimuti Kota Pekanbaru akibat dari kebakaran hutan dan lahan, Dinas Kesehatan menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah dan harus mengenakan masker jika sedang diluar rumah. Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir 

TRIBUNNEWS.COM, FILIPINA - Kabut asap akibat kebakaran hutan di Indonesia yang dibawa angin musim hujan, kini mulai menyelubungi beberapa daerah di Filipina dan menimbulkan kekhawatiran mengenai keselamatan penerbangan dan kemungkinan risikonya bagi kesehatan, kata seorang pejabat, Jumat (20/9/2019).

Landrico Dalida Jr., deputi administrator Philippine Atmospheric, Geophysical and Astronomical Services Administration, mengatakan, kabut asap tipis hingga sedang menyelubungi kota Zamboanga, Filipina Selatan, kota-kota Cebu dan Dumaguete di bagian tengah serta Palawan, provinsi di bagian barat.

Pihak berwenang mengukuhkan bahwa daerah-daerah lain juga mungkin terimbas kabut asap tersebut.

Baca: Kabut Asap Berkurang, Begini Cara BPPT Bikin Hujan Buatan Cukup Deras di Riau, Kalteng dan Kalsel

Jika daya pandangan terkena dampaknya, para pejabat bandara dan maskapai mungkin membatalkan penerbangan karena khawatir akan masalah keselamatan.

Dalida menganjurkan warga mengenakan masker jika kondisi kabut memburuk.

Para pejabat Biro Manajemen Lingkungan Hidup, yang bertanggung jawab atas pencegahan dan pengendalian polusi, mengatakan kantor-kantornya di daerah telah menyampaikan informasi kepada para pejabat setempat di wilayah yang dilanda kabut asap untuk disampaikan kepada masyarakat, khsusunya orang-orang yang sakit pernapasan, agar tetap tinggal di dalam rumah jika kondisi memburuk.

Asap dari kebakaran hutan di Indonesia, telah menyelimuti beberapa bagian Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand Selatan dengan kabut berbahaya. Sebagian besar kebakaran disengaja untuk membersihkan lahan. [uh/ab]

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: VOA
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved