Saat Polisi Indonesia Jadi 'Polisi DJ' Berbahasa Indonesia dan Inggris di Fukuoka Jepang

Masyarakat Minamiku, Fukuoka dikagetkan oleh pengumuman Polisi DJ yang menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris selama a jam.

Saat Polisi Indonesia Jadi 'Polisi DJ' Berbahasa Indonesia dan Inggris di Fukuoka Jepang
Kyushu Asahi TV
Dua polisi Indonesia sedang jadi DJ di atas mobil polisi Jepang mengumumkan agar pengendara berhati-hati mengendarai kendaraannya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Masyarakat Minamiku, Fukuoka kemarin pagi dikagetkan oleh pengumuman Polisi DJ yang menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris selama satu jam.

"Iya kita bekerjasama dengan Polisi Indonesia kemarin mereka menjadi Polisi DJ di depan Stasiun Ohashi di Minami-ku," ungkap kepala Polisi Minamiku Fukuoka, Nakamura kepada Tribunnews.com, Selasa (8/10/2019).

Seorang perwira polisi Indonesia dengan suara lantangnya menjadi "Polisi DJ" untuk meminta perhatian para pengguna kendaraan bermotor agar menjaga keamanan di sekitarnya, berkendara dengan baik.

Dua polisi Indonesia sedang jadi DJ di atas mobil polisi Jepang mengumumkan agar pengendara berhati-hati mengendarai kendaraannya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Dua polisi Indonesia sedang jadi DJ di atas mobil polisi Jepang mengumumkan agar pengendara berhati-hati mengendarai kendaraannya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. (Kyushu Asahi TV)

Dua orang polisi Indonesia menggunakan bahasa Indonesia disusul bahasa Inggris sambil membaca pengumuman tersebut di atas mobil polisi Jepang.

"Mereka berpenampilan baik, senang sekali bisa bekerjasama dengan polisi Indonesia," tambah Nakamura.

Ada empat polisi Indonesia datang ke Minamiku dan mereka datang ke Jepang sejak akhir bulan September 2019.

Baca: Sindrom Langka yang Renggut Nyawa Bayi Kembar Irish Bella Tak Bisa Ditangani Sembarang Rumah Sakit

Baca: Tiket Murah ke China dengan AirAsia, Penerbangan ke Shanghai dari Jakarta Mulai Rp 2,7 Jutaan

"Mereka belajar tentang sistem Koban polisi Jepang, dan pada tanggal 7 mereka berpartisipasi dalam kampanye keamanan sepeda dan kendaraan bermotor di dekat Kantor Polisi Minamiku Fukuoka, bicara kepada masyarakat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris," jelas dia.

Dua polisi wanita membagikan brosur kepolisian kepada masyarakat yang ada di sekelilingnya.

Polisi Indonesia di Fukuoka Jepang_1
Persimpangan di depan stasiun kereta api Ohashi, Minamiku, Fukuoka lokasi DJ Polisi Indonesia mengumumkan, Senin (7/10/2019).

Ada banyak pengguna sepeda di daerah tersebut dan 205 kasus kecelakaan tercatat selama tahun 2019 ini.

"Demikian pula di di sekitar Stasiun Ohashi, ada banyak warga asing bahkan juga di sekitar yurisdiksi kantor polisi Minamiku, sehingga panggilan dalam Bahasa Inggris mungkin bisa meningkatkan efek kampanye lebih baik," harapnya.

Nakamura juga berharap bisa kerja sama lebih baik lagi dengan polisi Indonesia di masa mendatang, karena tampaknya hasilnya kali ini sangat memuaskan bagi pihak kepolisian Minami Kota Fukuoka.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved