Breaking News:

Ini Sejumlah Kepala Negara yang Dijadwalkan Hadiri Pelantikan Jokowi sebagai Presiden

Joko Widodo akan dilantik sebagai Presiden RI untuk periode keduanya pada 20 Oktober mendatang.

Biro Pers Istana Kepresidenan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan terbatas bertolak menuju Singapura dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa siang, 8 Oktober 2019 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Joko Widodo akan dilantik sebagai Presiden RI untuk periode keduanya pada 20 Oktober mendatang.

Seperti pada pelantikan presiden RI sebelumnya, sejumlah kepala negara dan perwakilan diperkirakan akan datang menghadirinya.

Salah satu yang dipastikan akan hadir adalah Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

"Kita konfirmasikan kunjungan PM Morrison [ke pelantikan]," ujar juru bicara PM Morrison kepada ABC Indonesia.

Baca: Alasan MPR Undur Jam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Menjadi Pukul 16.00 WIB

Sejak pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2004, yang dihadiri PM John Howard saat itu, perdana menteri Australia tak pernah absen untuk hadir dalam acara kenegaraan tersebut.

Kevin Rudd di tahun 2009 juga datang ke Jakarta untuk pelantikan presiden Yudhoyono untuk kedua kalinya dan Tony Abbott menghadiri pelantikan presiden Joko Widodo di tahun 2014.

Presiden Jokow Widodo menjamu PM Australia, Scott Morrison dengan makanan tradisional di Istana Bogor, Sabtu (1/9/2018).
Presiden Jokow Widodo menjamu PM Australia, Scott Morrison dengan makanan tradisional di Istana Bogor, Sabtu (1/9/2018). (Twitter)

Kedatangan PM Morrison ke upacara pelantikan Presiden Jokowi akan menjadi kunjungan kedua baginya ke Indonesia.

Bulan September 2018, PM Morrison yang saat itu baru saja dilantik, datang ke Jakarta untuk membahas kemitraan ekonomi komprehensif dan menyamakan kedudukan Indonesia dengan China dalam hubungan diplomatik.

Menjadi sebuah 'tradisi' juga bagi Perdana Menteri Australia yang baru terpilih untuk mendatangi Indonesia, sebagai kunjungan luar negeri pertama kalinya.

Presiden Joko Widodo sudah beberapa kali mengunjungi Australia di periode pertamanya.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved