BBC

Serangan Turki di Suriah, jumlah korban meninggal dan pengungsi melonjak

Serangan lintas batas Turki ke wilayah Suriah dikhawatirkan akan membuat ratusan ribu warga membanjiri kamp-kamp yang sudah sesak dan kota-kota

Jumlah korban meninggal dunia bertambah sementara Turki melanjutkan serangan lintasperbatasan terhadap wilayah yang dikuasai kelompok Kurdi di Suriah.

Paling tidak 11 warga sipil meninggal dan puluhan petempur SDF pimpinan Kurdi serta kelompok pro-Turki terbunuh, kata sejumlah laporan.

Korban tewas pertama dari pihak tentara Turki telah dipastikan militer Turki.

Sekitar 100 ribu orang telah meninggalkan rumah mereka, sementara dunia mendesak dihentikannya peningkatan kekerasan.

Partai Republik di DPR AS mengumumkan rencana RUU sanksi terhadap Turki, sementara Presiden Donald Trump telah menawarkan diri sebagai penengah.

Turki mulai bergerak di Suriah bagian utara pada hari Rabu (09/10) setelah Trump menarik pasukan AS dari wilayah tersebut.

Jatuh korban Angkatan Bersenjata Pembebasan Suriah pro-Turki.
Getty Images
Jatuh korban dari pihak Angkatan Bersenjata Pembebasan Suriah pro-Turki.

Mereka yang mengecam menganggap penarikan pasukan AS sama saja dengan memberikan izin bagi Turki untuk memulai serangan lintas perbatasan.

Turki membela diri dengan mengatakan bahwa aksinya merupakan upaya untuk menciptakan "zona aman" yang bebas dari milisi Kurdi dan dapat digunakan untuk menampung pengungsi Suriah.

"Kami tidak akan berhenti terlepas apapun yang dikatakan orang," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (11/10).

Turki memandang milisi Kurdi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) - yang menguasai wilayah perbatasan - sebagai "teroris" yang mendukung pemberontahan anti-Turki.

turki suriah isis
BBC
Puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka, sementara dunia mendesak dihentikannya peningkatan kekerasan.
Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved