BBC

Teluk Benoa jadi kawasan konservasi maritim, 'tidak serta-merta membatalkan proyek reklamasi'

Teluk Benoa di Bali ditetapkan sebagai kawasan konservasi maritim, namun apakah itu serta-merta membatalkan proyek reklamasi Teluk Benoa yang

Teluk Benoa di Bali ditetapkan sebagai kawasan konservasi maritim, namun apakah itu serta-merta membatalkan proyek reklamasi Teluk Benoa yang selama bertahun-tahun menjadi polemik bagi masyarakat Bali?

Area seluas 1.243 hektar di Teluk Benoa yang terletak di Kabupaten Badung, Bali itu secara resmi ditetapkan sebagai kawasan konservasi maritim oleh Susi Pudjiastuti di penghujung masa jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan keputusan ini adalah hasil dari "perjuangan yang lama yang dijalankan oleh berbagai elemen masyarakat" dan merupakan "kebijakan yang berpihak pada aspirasi masyarakat Bali".

Meski menganggap keputusan itu sebagai "angin segar", gabungan masyarakat sipil lintas sektoral yang menentang proyek reklamasi Telok Benoa, Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBALI) memandang keputusan ini tidak serta merta membatalkan proyek reklamasi yang dicanangkan sejak beberapa tahun lalu itu.

"Masih dibutuhkan kerja keras dan perjuangan total seluruh elemen rakyat Bali untuk benar-benar memastikan Teluk Benoa kuat secara hukum sebagai kawasan konservasi maritim," jelas koordinator ForBALI, I Wayan Suardana.

Berikut empat hal yang perlu anda ketahui tentang penetapan Teluk Benoa sebagai kawasan konservasi maritim.

Apa yang terbaru?

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 46/KEPMEN-KP/2019 Tentang Kawasan Konservasi Maritim Teluk Benoa di Perairan Propinsi Bali, Tanggal 4 Oktober 2019.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengungkapkan keputusan menteri tersebut merupakan respon atas surat gubernur yang ditujukan kepada kementerian pada 11 September silam, perihal usulan penetapan kawasan konservasi maritim Teluk Benoa.

Usulan tersebut merupakan hasil konsultasi publik yang dihadiri petinggi dan pendeta adat yang memanfaatkan Teluk Benoa, para ahli, LSM dan pemangku kepentingan lainnya.

"Perjuangan kita yang lama yang dijalankan oleh berbagai elemen masyarakat itu sudah mendapat jawaban konkret dari menteri Kelautan dan Perikanan, kawasan Teluk Benoa menjadi menjadi kawasan konservasi maritim. Bagus kan?," ujarnya dalam konferensi pers pada Kamis (10/10) malam, seperti dilaporkan oleh wartawan Anton Muhajir di Bali.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved