BBC

Kehidupan warga kasta rendah di India yang membersihkan kotoran manusia tanpa pelindung

Di India, pekerjaan mengumpulkan kotoran manusia dilakukan secara manual dan tanpa sarung tangan oleh mereka yang berasal dari kasta rendah.

Di India, pekerjaan mengumpulkan kotoran manusia yang sering kali dilakukan langsung dengan tangan dilakukan oleh mereka yang berasal dari kasta rendah.

Mereka yang mengerjakan adalah warga yang berasal dari kasta yang memang sudah ditugaskan untuk itu atau yang disebut Scheduled Castes. Komunitas Valmiki termasuk mereka dalam kasta rendah ini.

Kelompok masyarakat ini bekerja sebagai pemulung kotoran manusia yang mereka lakukan secara manual di India, tanpa proteksi untuk melindungi kesehatan mereka.

Di India Utara, Valmiki dipandang sebagai Dalit, kelompok yang sejak lama diasingkan dan disudutkan masyarakat.

Pekerjaan ini memang sejak lama diperuntukkan secara resmi bagi kelompok yang dimarginalkan masyakarat ini.

Kehidupan mereka tetap tidak berubah meskipun India secara umum telah mengalami kemajuan ekonomi, sosial dan teknologi.

Sudharak Olwe mendokumentasi kehidupan pekerja kebersihan Mumbai, India selama hampir 20 tahun. Berikut ini adalah foto-foto terbaru Olwe, melalui penugasan badan yang mengurus air, WaterAid. Karya ini dipamerkan sebagai bagian dari Hari Toilet Dunia PBB tahun 2019.

"Pemulung manual" dari kelompok Valmiki mengumpulkan kotoran manusia dengan menggunakan tangan dari toilet kering di Amanganj, Panna, Madhya Pradesh.

Betibai Valmiki mengatakan: "Kami tidak diizinkan minum teh di rumah makan manapun di sini.

"Bahkan jika kami mendatangi toko teh kecil, kami diberikan gelas plastik sekali pakai sementara teh orang lain dihidangkan dengan menggunakan gelas seperti pada umumnya."

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved