BBC

Harimau berjalan ribuan kilometer demi mendapat pasangan dan mangsa

Harimau India ini berjalan sejauh 1.300 km dalam waktu lima bulan, jarak terjauh yang ditempuh oleh seekor harimau di India.

Seekor harimau melakukan perjalanan terjauh yang pernah terekam di India, berjalan sejauh 1.300 km dalam waktu lima bulan.

Para ahli meyakini pejantan berusia 2,5 tahun ini kemungkinan mencari mangsa, teritori atau pasangan.

Harimau yang dipasangi alat pelacak di lehernya, meninggalkan rumahnya di suaka margasatwa di negara bagian barat Maharashtra pada bulan Juni.

Dia kemudian terlacak berjalan bolak-balik melewati kebun, sungai, jalan tol dan negara bagian tetangga.

Sejauh ini, harimau ini baru sekali mengalami konflik dengan manusia, yakni ketika "secara tidak sengaja" satu orang yang merupakan bagian dari kelompok yang memasuki semak tempat dia beristirahat.

Harimau yang diberi nama C1 ini adalah salah satu dari harimau jantan yang dilahirkan dari induknya, T1, seekor harimau betina di suaka margasatwa Tipeshwar, yang menjadi rumah bagi sekitar 10 harimau di negara bagian Maharashtra.

Dia dipasangi alat pelacak dilehernya pada bulan Februari dan terus menjelajahi hutan selama musim hujan untuk "mencari tempat yang tepat untuk didiami".

A map showing the tiger's route
BBC

Binatang ini meninggalkan suaka margasatwa pada akhir Juni, dan sejak itu berjalan melewati tujuh distrik di negara bagian Maharashtra dan negara tetangganya, Telangana. Pada akhir pekan, dia ditemukan di suaka margasatwa lain di Maharashtra.

Pejabat margasatwa mengatakan kucing besar itu tidak bepergian secara "linear". Dia dilacak melalui informasi satelit GPS setiap jam dan terekam berada di 5.000 lokasi dalam sembilan bulan terakhir.

"Harimau itu mungkin mencari teritori, makanan, dan pasangan. Sebagian besar wilayah potensial harimau [di India] penuh dan harimau baru harus menjelajah lebih banyak," kata Dr Bilal Habib, ahli biologi senior di Wildlife Institute of India, kepada BBC.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved