BBC

Selandia Baru: Jumlah korban tewas bertambah akibat letusan gunung berapi

Dua orang korban letusan gunung Pulau Putih sejauh ini belum ditemukan karena kendala medan pencarian pasca letusan, satu di antaranya terpantau

Jumlah korban tewas dalam letusan gunung berapi Pulau Putih di Selandia Baru bertambah menjadi 18 orang, pada Minggu (15/12), setelah seorang korban luka-luka tutup usia di rumah sakit.

Korban yang tidak disebutkan identitasnya itu meninggal dunia di Australia setelah sempat menjalani perawatan.

Kepolisian belum mampu menemukan dua korban lainnya, walau keduanya terakhir kali terpantau di pulau tersebut pada Senin (09/12) lalu.

Upaya pencarian di daratan pulau melibatkan delapan personel SAR dan menghabiskan waktu 75 menit. Adapun sejumlah penyelam masih dikerahkan hingga sore.

White Island
BBC

Deputi Komisaris Polisi, Mike Clement, mengatakan "semua peluang" mengarah pada kemungkinan kedua jasad itu masuk ke laut.

"Para regu penyelamat frustrasi. Kami benar-benar bisa paham bagaimana frustrasinya mereka yang menginginkan jasad itu bisa ditemukan," kata Clement sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Dalam letusan gunung berapi di pulau yang juga disebut Whakaari oleh suku Maori itu, sebanyak 26 penyintas berada di rumah sakit Selandia Baru dan Australia.

Dari jumlah itu, sedikitnya 18 orang dikategorikan "kritis".

Bagaimana proses identifikasi para korban?

Proses identifikasi para korban tengah dilakoni para pakar di Auckland, termasuk ahli patologi, dokter gigi forensik, dan petugas ahli di bidang sidik jari.

Pada Minggu (15/12), identitas empat korban diumumkan oleh polisi.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved