Dua Mafia Jepang dari Kelompok Yakuza Yamaguchigumi akan Diberikan Predikat Geng Konflik Khusus

Mafia terbesar Jepang, Yamaguchigumi dan pecahannya Kobe Yamaguchigumi (KY) resmi akan diberikan predikat sebagai geng konflik khusus.

Dua Mafia Jepang dari Kelompok Yakuza Yamaguchigumi akan Diberikan Predikat Geng Konflik Khusus
NHK
Rapat Badan Intelijen Jepang khusus menangani yakuza memutuskan pemberian predikat Geng Konflik Khusus kepada Yamaguchigumi, Jumat (20/12/2019). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mafia terbesar Jepang, Yamaguchigumi dan pecahannya Kobe Yamaguchigumi (KY) resmi akan diberikan predikat sebagai geng konflik khusus.

"Hari ini KY dipanggil untuk didengar komentar atau pendapat mereka, tetapi tidak ada yang datang," kata sumber Tribunnews.com, Jumat (20/12/2019).

Konfrontasi antara Yamaguchigumi dan pecahannya KY semakin intensif dan tegang. Dikhawatirkan akan merugikan masyarakat misalnya terkena peluru nyasar.

Bulan lalu di Kota Amagasaki, Perfektur Hyogo, seorang eksekutif Kobe Yamaguchi Gumi terbunuh oleh senapan otomatis dari kubu Yamaguchigumi dan pembunuhnya terus terang mengakui dan menyerahkan diri kepada polisi.

Baca: Penerima Penghargaan Nobel dari Jepang: Pendidik Cari Daya Tarik Anak, Jangan Paksakan Mereka

Baca: Nelayan Jepang Temukan Cumi-cumi Raksasa Sepanjang 3 Meter di Pelabuhan Uku Kota Obama

Itulah sebabnya pihak keamanan Perfektur Hyogo, tempat kedua kelompok itu bertikai berusaha didengar pendapatnya oleh enam komite keselamatan publik dari Hyogo, Osaka, Kyoto, Aichi, Mie, dan Gifu.

Para polisi keamanan (intelijen) tersebut sangat prihatin saat ini dan melihat kemungkinan kekerasan akan semakin intensif pada konflik kedua kubu.

"Berdasarkan UU Penanggulangan Keamanan Masyarakat dan UU Anti Yakuza, kami memulai prosedur untuk mendengarkan pendapat kedua belah pihak dari tanggal 20 dengan kebijakan menunjuk mereka sebagai "geng khusus konflik" yang memungkinkan untuk kontrol yang lebih ketat," ujarnya.

Komisi Keamanan Publik Perfektur Hyogo membuat kesempatan untuk mendengarkan pendapat dari pihak Kobe Yamaguchi-gumi tetapi tidak hadir.

Baca: Turbin Pesawat ANA Jepang Bagian Kanan Terbakar di Udara Penumpang Selamat Semua

Baca: Anggaran Jepang Tahun 2020 Di Atas 102 Triliun Yen Terbesar dan Akan Keluarkan Obligasi Kembali

Di sisi lain, Yamaguchigumi dijadwalkan hadir untuk mendengar pendapat mereka pada tanggal 23 Desember 2019.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved