Breaking News:

Pesawat Miliki Ukraina Jatuh di Iran, Kemlu : Tak Ada WNI Jadi Korban

Pada peristiwa itu dilaporkan media setempat, menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 176 orang.

tribunbali.com
Ilustrasi pesawat jatuh 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri RI menyatakan, tak ada korban jiwa warga negara Indonesia (WNI) dalam peristiwa jatuhnya pesawat milik Ukraina yang jatuh di dekat Bandar Udara Imam Khomeini di Iran pada Rabu (8/1/2020).

Pada peristiwa itu dilaporkan media setempat, menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 176 orang.

Hal itu disampaikan Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha melalui pesawat singkatnya, Rabu (8/1/2020).

"Sudah Kementerian Luar Negeri RI cek dan tidak ada korban WNI," ujar Judha singkat.

Seperti dikutip dari Aljazeera, media Iran ISNA menyebut, pesawat jet Boeing 737-800 jatuh di dekat Parand, pinggiran barat daya ibukota Tehran, sesaat setelah lepas landas.

Laporan sebelumnya mengatakan ada 180 orang di pesawat.

Menurut Flighradar24 Flight Tracker, pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan 752 dijadwalkan lepas landas pukul 5:15 waktu Tehran menuju Bandara Internasional Boryspil di ibukota Ukraina, Kyiv.

Foto yang diposting oleh kantor berita ISNA juga menunjukkan puing-puing pesawat tersebar di seluruh hamparan tanah, sementara personil SAR memeriksa daerah tersebut.

"Tim investigasi dari Departemen penerbangan nasional dikirim ke lokasi setelah ada berita itu. Kami akan memberikan laporan lebih lanjut nanti, " ujar juru bicara dari organisasi penerbangan Iran Reza Jafarzadeh kepada wartawan di Teheran.

Dalam sebuah pernyataan, Boeing mengatakan baru mengetahui kejadian itu dari laporan media.

Boeing akan mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Insiden datang hanya beberapa jam setelah Iran meluncurkan serangan balasan ke dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak.

Boeing 737-800 adalah pesawat jet tunggal yang sangat umum dan bermesin ganda yang digunakan untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah.

Banyak masakapai penerbangan di dunia menggunakan ribuan pesawat Boeing.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved