BBC

Iran: Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei akan pimpin salat Jumat, 'serukan persatuan nasional' di tengah merosotnya ekonomi dan aksi protes

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin salat Jumat di Teheran, yang merupakan pertama kalinya dalam delapan tahun, di

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin salat Jumat di ibukota Teheran, yang merupakan pertama kalinya dalam delapan tahun.

Peristiwa ini muncul setelah aksi protes yang meluas di negara itu menyusul jatuhnya pesawat penumpang Ukraina yang ditembak jatuh oleh militer Iran pada pekan lalu.

Kepemimpinan Iran juga mendapat tekanan terkait anjloknya ekonomi negara itu akibat sanksi AS.

Hari Rabu lalu, Presiden Hassan Rouhani menyerukan adanya persatuan nasional.

Dibayang-bayangi tanda-tanda terjadinya gesekan di antara pimpinan rezim Iran, Rouhani meminta para pemimpin militer untuk menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana pesawat itu menembak jatuh pesawat.

Maskapai penerbangan Ukraina International Boeing 737-800, saat menuju Kiev dengan tujuan akhir Kanada, jatuh tak lama setelah lepas landas dari Teheran, yang menewaskan 176 orang penumpang dan awak pesawatnya.

Selama tiga hari pihak berwenang Iran menyangkal bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat, namun setelah mendapat tekanan internasional, pimpinan Pengawal Revolusi akhirnya mengakui bahwa secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat penumpang Ukraina itu.

Beberapa jam sebelumnya, Iran menembakkan dua rudal dengan sasaran dua pangkalan udara AS di Irak.

Serangan roket itu sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad yang menewaskan jenderal senior Iran, Qasem Soleimani.

Apa yang terjadi di Iran?

Kantor berita Iran, Mehr melaporkann Ayatollah Khamenei, yang berusia 80 tahun, akan memimpin salat Jum'at di masjid Mosalla, Teheran, tetapi tidak mengaitkan acara itu dengan situasi belakangan ini.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved