Virus Corona

AS Jemput Warganya yang Berada di Kapal Pesiar Jepang Diamond Princess

Sebuah pesawat carter dikirim oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengevakuasi warga negara AS terutama dari kapal Diamond Princess.

AS Jemput Warganya yang Berada di Kapal Pesiar Jepang Diamond Princess
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kapal pesiar Diamond Princess 

Laporan Koresponden ‪Tribunnews.com‬, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sebuah pesawat carter dikirim oleh pemerintah Amerika Serikat untuk mengevakuasi warga negaranya terutama dari kapal Diamond Princess.

Pesawat carteran ini dijadwalkan akan tiba di Bandara Haneda pada Minggu (16/2/2020) malam.

"Hari ini malam hari waktu Jepang kapal terbang charter dari AS akan tiba di Bandara Haneda Tokyo," ungkap seorang pejabat Kementerian Kesehatan Jepang kepada Tribunnews.com, Minggu (16/2/2020).

Diharapkan besok para penumpang AS sudah bisa dibawa semua oleh pesawat sewaan AS tersebut.

"Ini adalah kapal sewaan pertama dari negara asing yang menjemput khusus warganya ke Jepang untuk membawa pulang penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini masih dikarantina sampai dengan 19 Februari mendatang," tambahnya.

Sementara itu pemerintah Kanada mengirimkan tiga petugas kementerian kesehatannya ke Jepang untuk mengkaji lebih dulu situasi dan keadaan seisi penumpang kapal Diamond Princess yang bersandar di Pelabuhan Yokohama.

Kegiatan bantuan kelompok medis di luar kapal Diamond Princess berusaha memasukkan obat-obatan dan berbagai hal ke dalam kapal.
Kegiatan bantuan kelompok medis di luar kapal Diamond Princess berusaha memasukkan obat-obatan dan berbagai hal ke dalam kapal. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Baca: Viral Video Ayam Geprek Oreo Topping SKM, Padukan Cita Rasa Asin Gurih dengan Manis

Baca: Seberapa Bahayanya Cs 137 Jika Terpapar Tubuh Manusia?

Sumber Tribunnews.com seorang penumpang yang ada di kapal Diamond Princess mengakui terkesan dengan upaya yang dilakukan pemerintah AS.

"Hebat memang AS melindungi warga negaranya dengan tanggap segera mengirimkan pesawat sewaannya untuk mengevakuasi warganya dari kapal Diamond Princess ini," ungkapnya.

Saat ini tercatat sudah 355 para penumpang dan kru kapal Diamond Princess yang terinfeksi virus corona termasuk 70 orang yang diumumkan Minggu (16/2/2020) ini.

Sumber Tribunnews.com mengatakan Pemerintah Kanada dalam waktu dekat juga akan mengirimkan pesawat charteran untuk menjemput warganya di Diamond Princess

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved