Breaking News:

Viral Video Pernyataan Dubes Arab Saudi soal Ibadah Haji, Belum Putuskan untuk Menunda

Viral video pernyataan Dubes Arab Saudi, Kerajaan Arab Saudi menyatakan belum memutuskan apakah haji bakal ditunda atau dibatalkan.

Tribunnews/Bahauddin R Baso/ MCH 2019
Ribuan umat muslim melakukan thawaf mengelilingi Kabah usai shalat subuh di Masjidil Haram, Makkah, Kamis (11/7/2019). Hari ini para jemaah haji dari berbagai penjuru dunia mulai berdatangan untuk menyambut musim haji 1440H. 

TRIBUNNEWS.COM, SENEGAL - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memastikan sampai detik ini belum memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Senegal, Abdullah Ahmad Al Abdan dalam konferensi pers yang videonya viral beredar.

"Sampai saat ini Kerajaan Arab Saudi belum memutuskan untuk menunda pelaksanaan haji," ungkap Abdullah Ahmad Al Abdan dalam video yang tayang di oumma.com, Kamis (24/3/2020).

Melansir situs yang sama, pihak berwenang Arab Saudi sampai saat ini sedang menunggu dan terus memperhatikan perkembangan mutakhir, khususnya pandemi Covid-19.

Baca: Wisma Atlet Jakabaring dan Asrama Haji Palembang Disiapkan Jadi Ruang Isolasi Covid-19

Perkembangan ini akan menjadi dasar keputusan akhir: apakah haji akan dibatalkan atau tidak.

Abdullah Ahmad Al Abdan mengakui otoritas Arab Saudi mengambil keputusan yang sangat jarang, karena pandemi corona ini, harus menangguhkan masuknya jemaah untuk umrah di Tanah Suci.

Hal ini ditempuh agar virus corona tak sampai menulari pihak Kerajaan.

Untuk itu para pelancong yang masuk Arab Saudi dengan visa turis, khususnya mereka dari negara-negara berisiko tinggi terpapar corona dilarang masuk.

Beberapa hari yang lalu, otoritas Arab Saudi telah memutuskan menutup sepenuhnya akses ke Masjid Nabawi di Madinah.

Diketahui, Masjid Nabawi memiliki luas 160 ribu meter persegi mampu menampung lebih dari 250 ribu jemaah.

Masjid Nabawi di dalam Islam sebagai masjid tersuci kedua setelah Masjidi Haram di Mekah.

Tonton Selengkapnya:

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Pemerintah Arab Saudi Belum Putuskan untuk Batalkan Ibadah Haji Tahun Ini

Editor: Daryono
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved