BBC

Korea Utara: Kim Jong-un, 'raja bintang pagi' yang terpilih menjadi pemimpin Korut

Berbagai laporan menyebutkan bahwa Kim Jong-un menderita sakit keras setelah menjalani bedah jantung, tetapi para pejabat di Korea Selatan yang

Berbagai laporan menyebutkan bahwa Kim Jong-un menderita sakit keras setelah menjalani bedah jantung, tetapi para pejabat di Korea Selatan yang melakukan pemantauan mengatakan berita itu tidak benar, lapor wartawan BBC di Seoul, Laura Bicker.

Dengan kondisi Korea Utara yang tertutup maka tidak mungkin melakukan verifikasi terkait dengan sejumlah laporan dengan judul antara lain Kim Jong-un "sakit keras" dan "menjalani penyembuhan setelah operasi".

Kantor presiden Korea Selatan mengatakan tidak menemukan tanda-tanda khusus dari Korea Utara yang menunjukkan bahwa Kim Jong-un, 36, "sakit keras".

China, yang memiliki kedekatan dengan Korea Utara, juga menampik kabar bahwa Kim sedang sakit keras.

Kim Jong-un mengambil alih kepemimpinan tertinggi Korea Utara dengan latar belakang pengalaman politik atau militer yang minim.

Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un yang kerap disebut "Pemimpin Tersayang", sedang dalam proses menggembleng sang anak, ketika dia meninggal pada Desember 2011.

Sesaat setelah ayahnya meninggal, Kim muda dipuji sebagai seorang "penerus yang hebat". Selang dua pekan kemudian, dia diangkat sebagai kepala partai, negara, dan angkatan bersenjata.

Terlepas dari pertemuan bersejarah dengan AS dan langkah-langkah untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Selatan, sejak saat itu dia telah menunjukkan komitmennya untuk memajukan program senjata Korea Utara dengan memerintahkan uji coba nuklir dan rudal.

Ia juga menunjukkan dirinya sebagai sosok tanpa belas kasih dengan menyingkirkan pamannya yang kuat. Pembunuhan kakaknya, Kim Jong-nam, juga secara luas dikaitkan dengan perintah darinya.

Julukan 'Raja bintang pagi'

Kim Jong-un, putra bungsu Kim Jong-il dan istri ketiganya, Ko Yong-hui, lahir pada tahun 1983 atau 1984.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved