Virus Corona

Masa Deklarasi Darurat Nasional Jepang Kemungkinan Diperpanjang, Hanya Berlaku untuk 13 Perfektur

Masa perpanjangan darurat nasional kemungkinan hanya berlaku bagi 13 perfektur yang ada di Jepang. Sedangkan sisanya, 34 perfektur akan dibebaskan.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Yasutoshi Nishimura (57), Menteri Revitalisasi Ekonomi Jepang dalam jumpa pers, Minggu (3/5/2020). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang rencananya akan memperpanjang masa deklarasi darurat nasional mulai 7 Mei 2020 mendatang.

Namun masa perpanjangan ini kemungkinan hanya berlaku bagi 13 perfektur yang ada di Jepang. Sedangkan sisanya, 34 perfektur akan dibebaskan.

"Kemungkinan perpanjangan masa darurat nasional nantinya hanya diberlakukan bagi 13 perfektur saja yang ada di Jepang. Selebihnya akan dibebaskan," kata Menteri Revitalisasi Ekonomi Jepang, Yoshitoshi Nishimura (57) dalam jumpa pers, Minggu (3/5/2020).

Hal serupa juga dibenarkan oleh Ketua Komite Tim ahli antisipasi penyebaran Corona Jepang, Shigeru Omi, yang meminta daerah lain yang tidak termasuk perpanjangan deklarasi darurat agar warga setempat dapat mengekang diri.

Restoran masakan Perancis di lantai 2 sebuah gedung pertokoan di Nakano yang menuliskan pada jendela restorannya karena kesulitan keuangan.
Restoran masakan Perancis di lantai 2 sebuah gedung pertokoan di Nakano yang menuliskan pada jendela restorannya karena kesulitan keuangan. "Tolong kami yang ada di tengah Nakano" (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Di daerah-daerah di mana infeksi terbatas, perlu untuk merancang langkah-langkah untuk mencegah infeksi sambil menikmati hidup pada tingkat tertentu, daripada meminta pengendalian diri secara seragam," ujarnya.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran infeksi, seperti mengenakan masker untuk percakapan jarak pendek dan menghindari percakapan tatap muka di restoran.

Ide dasar untuk melakukannya akan ditunjukkan Senin (4/5/2020) besok.

Demikian pula agar setiap kalangan industri melakukan penyesuaian seperlunya.

Baca: Menurut Survei, 92,8 Persen Masyarakat Inginkan Karantina Wilayah

Sebanyak 13 perfektur yang akan diperpanjang masa daruratnya adalah Tokyo, Osaka, Hokkaido, Ibaraki, Saitama, Chiba, Kanagawa, Ishikawa, Gifu, Aichi, Kyoto, Hyogo dan Fukuoka.

Sedangkan perfektur lain akan dibebaskan dari masa darurat.

Selain itu pemerintah akan mempertimbangkan subsidi kepada karyawan yang terpaksa di PHK dengan dana 8.330 yen per hari per orang atau sekitar Rp 1.158.786 dengan kurs yen 139,11.

"Bagi tempat yang dibebaskan dari keadaan darurat perpustakaan, taman dan restoran boleh membuka kembali dengan berbagai antisipasi terhadap penyebaran virus corona," harap Menteri Nishimura.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved